Mobil Internet Telantar, Kominfo: Enggak Ada Urusan

Puluhan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) di Kalimantan Barat yang terbengkalai. Selama dua bulan mobil ini tak terurus dan sudah tertutup semak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aceng Mukaram

VIVA.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menanggapi ramainya pemberitaan soal puluhan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang kini tak terurus di Desa Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Landasan Tenggelam, Bandara Supadio Ditutup

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu mengatakan Kominfo sudah tidak bertanggung jawab atas terlantarnya 61 MPLIK tersebut. "Kominfo sudah enggak ada urusan dengan itu," kata Cawidu kepada VIVA.co.id, Jumat, 20 Mei 2016.

Dia menjelaskan Kominfo tak mengurusi itu sebab pengelolaan itu sudah menjadi tanggung jawab pemenang tender MPLIK, yaitu PT Lintasarta.

Banjir, Puluhan Penerbangan di Bandara Supadio Terganggu

"Dulu kan PT Lintasarta kan yang menang tender, dia kemudian pesan mobilnya ke PT WEB, ini yang bikin mobilnya," ujarnya.

Selain itu, kata Cawidu, program MPLIK sudah dihentikan pada 2015. Untuk itu operasional MPLIK sudah tak dijalankan lagi. "Jadi yang atur (MPLIK) itu kedua perusahaan itu, sebagai vendor pemenang. Enggak ada urusannya dengan Kominfo," kata dia.

Bisnis Sabu Malaysia yang Dimodali Napi Terbongkar

Sebelumnya diberitakan warga Desa Sungai Rengas, merasa terganggu dengan keberadaan 61 MPLIK yang sebagian mengelupas dan tertutup semak belukar, tak dirawat. Warga juga mengkritik 61 MPLIK itu diparkir tanpa sepengetahuan pemilik lahan parkir dan seizin pengurus RT setempat. Tercatat 61 MPLIK itu sudah terlantar selama dua bulan.

Penumpang yang naik ke sayap Lion Air di Pontianak.

Penumpang Lion Air Bercanda Bawa Bom Jadi Tersangka

Penumpang itu terancam delapan tahun penjara.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2018