Google dan IMAX Akan Hadirkan Film 360 Derajat

Ilustrasi Bioskop IMAX
Sumber :
  • imax.com

VIVA.co.id – Pengalaman menonton di bioskop akan semakin menyenangkan. Pasalnya, perangkat Virtual Reality (VR) akan memanjakan penonton menikmati suguhan film. Kemungkinan tersebut akan terealisasi setelah Google menjalin kerja sama dengan perusahaan layar lebar, IMAX.

Sosialisasikan Konsep dan Progres Pembangunan IKN, Nusantara Fair Resmi Dibuka

Seperti yang diberitakan oleh The Verge, Senin, 23 Mei 2016, Google dan IMAX akan saling berkolaborasi dalam menghadirkan kualitas gambar dengan resolusi tinggi di bioskop. Teknologi tersebut sedang dikembangkan oleh kedua perusahaan.

IMAX mengatakan, pihaknya akan mengerahkan tim insinyur dan spesialis kamera mereka untuk bekerja dengan Google dalam merancang teknologi resolusi tingkat tinggi itu. Google juga bekerja sama dengan produsen kamera digital asal Tiongkok, Yi Technologies dalam menghadirkan sebuah jenis kamera aksi serupa GoPro.

Pameran Hari Relawan, Masyarakat Diedukasi Penanganan Bencana melalui Virtual Reality

Laman Daily Mail menuliskan, Google dan IMAX akan memanfaatkan VR agar penonton bioskop dapat merasakan konten film dengan konsep 360 derajat. Artinya, penonton akan menikmati berbagai sudut dalam adegan film-film yang disediakan.

Teknologi layar IMAX turut membantu dalam pembuatan film-film ternama, sehingga kualitas yang dihadirkan menggugah selera. Sutradara The Dark Knight, Christopher Nolan dan sutradara Star Wars: The Force Awakens, JJ Abrams adalah segelintir yang terbantu oleh teknologi dalam mengkreasi filmnya.

Teknologi VR untuk Belajar jadi Lebih Efektif

Chief Executive Officer (CEO) IMAX, Richard Gelfond mengatakan, selama hampir 50 tahun terakhir, IMAX telah turut membantu pengambilan gambar untuk pembuatan film dalam menghadirkan resolusi gambar dengan kualitas 2D, 3D, hingga format digital.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Google untuk bermitra dalam pembuatan film dan penciptaan konten dengan kualitas tingkat VR yang belum ada sampai saat ini," ujar Gelfond.

Belum dipastikan kapan film dengan rasa 360 derajat yang menggunakan VR ini dapat dirasakan oleh masyarakat. Gelfond hanya mengungkapkan VR dapat memberikan sensasi pengalaman baru dalam menonton film.

"Ide menggunakan VR di masa depan, yang mana kita akan memberikan pengalaman yang unggul."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya