Instagram Punya Fitur Baru untuk Para Pebisnis

Ilustrasi buka aplikasi Instagram.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Platform berbagi foto dan video, Instagram, ternyata menyadari banyak pengguna yang menjadikannya sebagai wadah untuk promosi atau jualan. Demi memanjakan para wirausahawan, Instagram memberikan banyak fitur pendukung untuk berbisnis.

Unggahan Foto di Instagram Krishna Murti Dinilai Sudutkan Aremania

Platform yang telah menjadi milik Facebook itu menyediakan banyak fitur baru untuk para penggunanya menjalankan bisnis, seperti perangkat untuk menganalisa dan menjalankan kampanye iklan di aplikasi mobile. Fitur-fitur itu termasuk dalam Instagram Business Tools.

Di sini, pengguna pribadi maupun perusahaan yang berpromosi di Instagram dimungkinkan untuk melihat seberapa efektif iklan dan promosi yang mereka layangkan di Instagram. Fitur tersebut menampilkan metrik terkait dengan hubungan antara postingan dengan respons pengunjung, serta metrik performa semua konten untuk mengetahui segmentasi pengunjung.

Cara Simpan Foto Instagram ke PC dan Android

Instagram juga memiliki Business Profiles yang bisa digunakan untuk interaksi antara perusahaan dengan pengunjung, langsung melalui aplikasi. Secara tidak langsung, fitur ini akan membuat Instagram lebih menarik untuk digunakan oleh para pebisnis UKM.

"Kami membangun fitur dan perangkat ini untuk bisnis UKM namun tidak menutup kemungkinan jika perangkat ini juga bisa digunakan oleh para perusahaan yang lebih besar ketika mereka sedang dalam keadaan mobile. Artinya, semua segmen bisnis bisa menggunakannya," ujar James Quarles, Global Head of Business and Brand Development, seperti dikutip dari Forbes, Rabu, 1 Juni 2016.

Cara Unduh Foto dan Video dari Instagram

Instagram telah digunakan oleh banyak anggotanya sebagai media iklan atau promosi bisnis sejak 2013. Aplikasi itu sekarang sudah digunakan oleh sekitar 200.000 pemasar yang memiliki akses ke 400 juta pengguna aktif per bulan.

Menjadi bagian dari Facebook membuat Instagram juga memberikan kontribusi yang cukup besar bagi jejaring sosial itu. Diketahui, sekitar 10 persen revenue iklan mobile Facebook Global berasal dari Instagram. Pun dengan revenue iklan Facebook di Amerika, sebanyak 20 persen berasal dari Instagram.

Perusahaan riset eMarketer mengatakan, Instagram akan mendapatkan penjualan dari iklan mobile mencapai uS$1,3 miliar di Amerika dan sekitar US$1,53 miliar di seluruh dunia pada 2017 nanti.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya