Google Bikin Situs untuk Pembocor Borok Perusahaan

Ilustrasi Alphabet Google
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol

VIVA.co.id – Google punya siasat khusus agar borok dan keburukan perusahaan tidak sampai meluas di publik. Perusahaan internet itu memiliki situs internal perusahaan yang akan melaporkan siapa saja yang membongkar borok perusahaan ke publik.

Deretan Enam Inovasi Baru Google

Menurut laporan The Information yang dikutip Business Insider, Jumat 3 Juni 2016, keputusan Google membuat situs internal khusus untuk para pembocor borok perusahaan itu, dilandasi oleh pengalaman buruk yang terjadi pada divisi smart home Google, Nest.

Laporan The Information menuliskan tim manajer investigasi global Google, Brian Katz, belum lama ini mengungkapkan, mantan manajer produk Nest dipecat pada akhir April lalu karena memosting keluhan karyawan terhadap Chief Executive Officer (CEO) Nest, Tony Fadell di Facebook. Padahal Google punya kebijakan internal yang melarang karyawan mereka mengumbar informasi kepada publik dan pers.

Google Diam-diam Bikin Platform Lowongan Pekerjaan

Diketahui belum lama ini Nest telah menghadapi sejumlah laporan yang mengindikasikan kericuhan internal yang tidak puas dengan aturan untuk mengumbar kondisi kerja perusahaan.

Kemudian keluhan ini memicu National Labor Relations Board yang memprotes perlakuan Google dan Nest kepada mantan karyawan Nest yang ingin mewajibkan karyawan merahasiakan borok perusahaan dan kondisi kerja ke publik.

Dimanjakan Google
Ilustrasi pencarian Google.

Google Rilis Fitur Cari Lowongan Kerja

Melibatkan beberapa platform seperti LinkedIn dan Glassdoor.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2017