Ternyata, Ikan Bisa Kenali Wajah Manusia

Ilustrasi ikan diuji kenali wajah manusia
Sumber :
  • www.nbcnews.com/Nature Scientific Report

VIVA.co.id – Tim peneliti University of Queensland, Australia mengumumkan temuan mereka tentang kemampuan ikan.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Dalam sebuah studi, tim peneliti menemukan ikan ternyata bisa mengenali wajah manusia, meskipun hewan air itu tak punya struktur otak khusus, neokorteks, yang digunakan manusia dan hewan piaraan untuk mengenali wajah. Kemampuan ikan mengenali wajah diperoleh peneliti dengan melatih hewan air tersebut.

Dalam studi mereka, ikan menunjukkan kemampuan 89 persen akurat dalam membedakan wajah manusia pada layar komputer.

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

"Kami menunjukkan bahwa air tawar jenis archerfish (Toxotes chatareus) bisa belajar membedakan sejumlah besar gambar wajah manusia, bahkan setelah wajah disertai (perubahan) warna, bentuk kepala dan kecerahan," jelas peneliti dikutip dari NBC News, Rabu 8 Juni 2016.

Peneliti memilih spesies tersebut dalam uji coba mereka, karena ikan jenis tersebut mengeluarkan ludah untuk 'menangkap' serangga dan makanannya. Dengan teknik mencari makanan tersebut, maka peneliti beranggapan ikan tersebut punya penglihatan yang bagus untuk mengenali objek.

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

"Cara spesies ini memangsa tergantung kuatnya penglihatan untuk mendeteksi mangsa kecil terhadap latar belakang kompleks secara visual dan ini menunjukkan kemampuan kognitif penglihatan yang impresif," tulis peneliti dalam laporan di jurnal Scientific Reports.

Dalam studi, ikan yang dilatih itu menunjukkan dengan baik bisa mengenali wajah yang berbeda.

Peneliti mengatakan, sebagian besar hewan yang punya neokorteks dan hewan yang dipiara punya pengalaman tekanan evolusioner untuk mengenali pengasuh manusia mereka.

"Ada bukti hewan yang tidak punya neokorteks, lebah dan burung, mampu membedakan wajah manusia," kata peneliti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya