VIDEO: Detik-detik Satelit Lapan A3 Meluncur

Foto panorama roket PSLV C-34
Sumber :
  • www.indianexpress.com/ISRO

VIVA.co.id – Satelit buatan anak bangsa yaitu Lapan A3 akhirnya telah meluncur ke antariksa.
Satelit Lapan A3 diluncurkan dengan menumpang roket India, Polar Satellite Launch Vehicle PSLV C-34 dari fasilitas Satish Dhawan Space Centre, Andhra Pradesh, Sriharikota, India pada Rabu pagi waktu setempat atau pukul 10.55 WIB.

Dikutip dari India Times, Rabu 22 JUni 2016, peluncuran roket buatan Badan Riset Antariksa India (ISRO) itu tergolong istimewa. Sebab roket itu membawa 20 satelit dengan total bobot 1,28 ton sekaligus dalam satu peluncuran.

Tercatat, PSLV C-34 membawa satelit utama dari India, Cartosat-2 yang berbobot 725,5 Kg. Satelit ini diposisikan untuk pengamatan bumi. Sebanyak 19 satelit lainnya total dengan bobot 560 Kg dari Sathyabama University and College of Engineering, Pune, kemudian satelit milik Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan satelit Lapan A3 dari Indonesia.

Lapan A3

Satelit Lapan A3 merupakan satelit yang dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Satelit ini diposisikan untuk kepentingan pemantauan kondisi alam di Indonesia.

Misi yang diemban Lapan A3 yaitu misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumber daya pangan. Soal kemampuan satelit ini, Lapan mengatakan, bisa mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan.

Hujan Meteor di 2023, Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Melihatnya



 

Besok Siang Hari akan Terjadi Lebih Cepat
Presiden Joko Widodo

Politikus PKS Prihatin Jokowi Tak Paham Kedudukan BRIN soal Orkestrasi Penelitian

Politikus PKS menilai Presiden Jokowi tak paham kedudukaN BRIN dan Kemendikbudristek, dengan mendorong BRIN sebagai orkestrator penelitian

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2024