Oktober, Robot Parkir Mobil Buatan China Siap Digunakan

Robot yang mengelola parkir mobil buatan perusahaan China
Sumber :
  • REUTERS/Bobby YIP

VIVA.co.id – Bagi pengemudi yang belum handal memarkir mobil, tampaknya akan merasa senang dengan kedatangan robot pintar pemarkir mobil ini. Sebab, tanpa perlu repot-repot, robot ini akan memarkikan mobil Anda dengan aman.
 
Dilansir Xinhuanet, Senin 18 Juli 2016, robot yang dikembangkan di China oleh Yeefung Automation Technology Co Ltd itu akan ‘memandu’ mobil tersusun rapi di tempat parkiran hanya dalam waktu sekitar dua menit.
 
Jadi, pengemudi dengan mandiri mengemudikan mobil mereka ke atas robot, robot ini seperti platform bergerak, barulah robot berjalan meletakkan mobil di parkiran yang tersedia.
 
Wu Hao, General Manager Yeefung mengatakan, robot parkir ini bergerak dipandu oleh laser automated guided vehicle (AVG). Perusahaan mengembangkan robot itu untuk menanggapi keterbatasan ruang parkir di kota-kota besar di seluruh dunia.
 
“Robot AGV dapat memaksimalkan ruang parkir sekitar 20 sampai 40 persen,” kata dia.?
 
Rencananya, pada akhir Oktober tahun ini, robot parkir siap difungsikan di Nanjing, China bagian timur. Tercatat, saat ini China memiliki sekitar 172 juta kendaraan di jalanan. Berdasarkan peningkatan tahunan, kendaraan bertambah 19 juta unit, artinya bakal ada 250 juta kendaraan di jalan China pada 2020. Robot parkir itu diperkirakan memiliki harga US$10.468 atau sekitar Rp137 juta. (mus)

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III
VIVA Otomotif: Mobil SIM Keliling

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024

Polda Metro Jaya pada hari ini Kamis 18 April 2024 menyediakan mobil SIM Keliling yang tersebar di lima lokasi. Dilansir dari Korlantas Polri mobil pertama ada di wilayah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024