VIDEO: Penampakan Lokasi Olimpiade dari Antariksa

Penampakan Stadion Maracana, Brasil
Sumber :
  • UrtheCast

VIVA.co.id – Berbagai satelit mengorbit antariksa telah mengambil foto Rio de Janiero, tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2016.

Eropa Mau Ikut-ikutan China

Salah satu layanan satelit yang memotret tempat pertandingan dari Olimpiade 2016 yaitu Interface Region Imaging Spectrograph (IRIS) dan Deimos-2, yang dioperasikan oleh perusahaan pencitraan Bumi asal Kanada, UrtheCast.

Dua satelit itu dilengkapi dengan sensor khusus untuk mengamati Bumi. UrtheCast punya pengalaman pengamatan Bumi dari antariksa. Perusahaan itu telah mengoperasikan dua kamera definisi tinggi pada bagian luar Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Rusia Luncurkan Satelit Militer Ukuran Mungil, Tugasnya Misterius

Dikutip dari Space, Selasa, 16 Agustus 2016, melalui sensor satelit tersebut, terlihat dengan jelas salah satu struktur Stadion Maracana, tempat pembukaan Olimpiade pada 5 Agustus dan penutupan nanti pada 21 Agustus 2016. Stadion legendaris itu terlihat dalam video satelit tersebut.

Kamera definisi tinggi UrtheCast juga mampu memotret dan merekam mobil yang melaju di sekitar venue Olimpiade. Tampak di sekitar Stadion Maracana, terlihat lalu lalang mobil yang melalui Rio de Janiero.

KOI Pasang Target Tinggi di Olimpiade Tokyo 2020

Selain satelit UrtheCast, Badan Antariksa AS (NASA) juga merekam tempat pertandingan Olimpiade. Pada 2 Agustus lalu, instrumen Multi-angle Imaging SpectroRadiometer (MISR) Satelit Terra milik NASA terbang di atas Rio de Janiero dan memotret aktivitas di kota tuan rumah Olimpiade tersebut. Gambar dari instrumen MISR yang terlihat yaitu partikel polusi udara di langit Rio de Janiero.

Gambar terbaru satelit NASA menunjukkan garis pantai Rio dan lokasi Stadion Maracana. Instrumen MISR mengumpulkan data polusi udara dengan mengukur aerosol kedalaman optik.

NASA mencatat dalam pekan terakhir jelang pembukaan Olimpiade, ada laporan peningkatan kadar partikel di kawasan Rio de Janiero.

Penampakan Rio de Janiero

Foto kota Rio de Janiero dari satelit UrtheCast

Penampakan Stadion Maracana, Brasil

Foto Stadion Maracana dipotret satelit UrtheCart

Penampakan Stadion Mineirao, Brasil

Foto Stadion Mineirao dari satelit UrtheCast

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya