Pelanggaran Kontrak Kerja

Pengadilan Larang Penunjukan Bos Baru iPod

Hakim Kenneth Karas dari pengadilan distrik kota New York memerintahkan Mark Papermaster untuk segera berhenti dari pekerjaannya di Apple Inc sampai ada keputusan berikutnya. Di Apple, Mark Papermaster baru saja ditunjuk untuk menggantikan posisi Tony Fadell untuk memimpin tim kreatif iPod dan iPhone minggu lalu. Dengan keputusan pengadilan tersebut, Apple akan menghentikan sementara mantan eksekutif IBM itu.

"Kami akan turuti perintah pengadilan. Tetapi kami tetap yakin bahwa suatu saat setelah permasalahan selesai, Mark Papermaster akan dapat bergabung dengan Apple," ucap seorang juru bicara yang dikutip Reuters, 8 November 2008. Papermaster sendiri bisa mengajukan keberatan Selasa depan.

Mark Papermaster ditunjuk untuk menggantikan posisi Tony Fadell yang mengundurkan diri dari jabatan Senior Vice President iPod Division dari Apple untuk menjadi penasihat khusus Steve Jobs. Saat mengisi posisi yang kosong, jabatan Mark menjadi Senior Vice President of Devices Hardware Engineering. Perubahan nama jabatan yang sebenarnya kurang disukai Mark sehubungan dengan kontrak kerjanya dengan perusahaan sebelumnya. 

Saat ini belum jelas apakah Papermaster yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dari 25 tahun bekerja di divisi hardware dan desain IBM melanggar pelanggaran kontak kerja dengan bekerja untuk Apple. Jika ke depannya Apple akan membuat sendiri prosesor berbasis Power untuk perangkatnya, barulah saat itu pengetahuan Papermaster atas desain IBM bermanfaat untuk Apple dan jelas melanggar kontrak kerja.

Ketegangan antara Apple dengan IBM sendiri sudah berlangsung sejak lama. Khususnya setelah sejumlah mantan petinggi IBM tinggalkan perusahaan untuk pindah ke Apple. Contoh terakhir adalah pindahnya Donald Rosenberg, mantan Senior Vice President and General Counsel IBM yang bergabung ke Apple untuk jabatan yang sama di November 2006. Meski Rosenberg sendiri tidak sampai setahun mengabdi di Apple karena menerima tawaran Qualcomm untuk posisi yang sama.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024