Belum Dijamah Internet, Daerah Ujung Utara Indonesia Teriak

Ilustrasi/Pulau paling utara, Pulau Miangas, Talaud, dilihat dari udara
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVA.co.id – Kehadiran infrastruktur telekomunikasi memang terbukti sangat membantu menaikkan perekonomian suatu wilayah. Salah satunya di daerah Miangas, kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara yang telah terbebas dari 'isolasi'.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Camat Miangas, Steven Hauer Edwin Maarsit, mengatakan bahwa wilayahnya sempat terisolir karena sulitnya akses informasi. Padahal wilayah ini berbatasan langsung dengan Filipina. Namun pada 2010, jaringan seluler anak usaha Telkom, Telkomsel, mulai masuk  dan membuka akses telekomunikasi dan informasi.

"Sampai sekarang, hanya Telkomsel yang ada di Miangas. Mereka membuka keterisolasian. Adanya jaringan telekomunikasi dari Telkomsel dinilai memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Miangas," ujar Steven dalam keterangannya, Rabu, 21 September 2016.

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

Minimnya eksistensi operator telekomunikasi ini dirasa sangat miris. Padahal operator telekomunikasi yang mengantungi izin penyelenggaraan full-service provider secara nasional jumlahnya terbilang banyak. Letak geografis Miangas berada di ujung Utara Indonesia.

Oleh karena itu Steven berharap Presiden Joko Widodo mau mengeluarkan aturan agar operator telekomunikasi lain, seperti XL dan Indosat, juga mau menggelar jaringan telekomunikasi di pulau terluar dan terpencil Indonesia seperti di Miangas. Tujuannya agar perekonomian masyarakat di daerah terpencil dan terluar dapat berkembang seperti daerah lainnya di Indonesia.

Selain Video Call, Pemakaian Tiktok dan IG Naik Saat Lebaran

"Saat ini masyarakat di Miangas yang mayoritas nelayan sangat tergantung terhadap layanan telekomunikasi selular. Bahkan telekomunikasi selular dijadikan alat bantu untuk mencari nafkah. Tak hanya layanan telekomunikasi saja yang saat ini dibutuhkan masyarakat Miangas. Saat ini masyarakat di Miangas merindukan hadirnya layanan internet. Hingga saat ini desa Miangas belum terjamah layanan internet," ujarnya.

Menara BTS Telkomsel.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Telkom Indonesia dan SingTel sahkan direksi baru Telkomsel.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020