BPPT Kembangkan Sistem Cerdas Pencari Ikan untuk Nelayan

Perahu nelayan. Foto ilustrasi
Sumber :
  • REUTERS/Tim Wimborne

VIVA.co.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil mengembangkan perangkat lunak 'Sikbes-Ikan', atau Sistem Penjejak Ikan Nan Cerdas. Sikbes Ikan, merupakan sistem model untuk prediksi lokasi potensi keberadaan ikan (fishing ground). 

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Selain itu,  Sikbes ikan juga bisa memprediksi perhitungan nilai ekonomis ikan-ikan yang dideteksi.  

Muhamad Sadly, selaku ketua tim pengembang Sikbes Ikan dari Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah (PTPSW) BPPT menyebut, sistem Sikbes Ikan ini menggunakan pendekatan integrasi antara metode sistem pakar, atau Knowledge-Based Expert System (KBES), Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Sistem Informasi Geografis (GIS).

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

"Aplikasi Sikbes Ikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi para nelayan yang bergerak dalam produksi penagkapan ikan, khususnya dalam meningkatkan efisiensi dan produksi dari suatu proses produksi penangkapan ikan di suatu wilayah perairan," kata Sadly saat mempersentasikan Sikbes Ikan di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis 21 September 2016.

Selain untuk pemantauan lokasi keberadaan ikan, termasuk mencakup nusantara, kata Sadly,

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Sikbes Ikan juga berdaya guna untuk pengelolaan tata ruang penentuan jalur transportasi laut, pasriwisata, dan penentuan zona illegal fishing

Kini, BPPT pun bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan mengimplementasikan sistem Sikbes Ikan di beberapa wilayah perairan Indonesia. Sudah sekitar 75 persen, yakni sekitar 19 wilayah, seperti di antara Pulau Natuna, Nipah, dan lainnya. 

Bantu Nelayan cari ikan, Inovasi SIKBES Ikan BPPT dapat di akses pada tautan: http://tisda.bppt.go.id/sikbes

"Diharapkan sistem ini dapat menyediakan informasi yang tepat, guna mengenai lokasi potensi keberadaan ikan, mudah diakses, cepat dan akurat," ujar Sadly. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya