Pemkot Probolinggo Gaet Operator Ini Wujudkan Smart City

Pemkot Probolinggo dan Indosat Ooredoo kerja sama buat smart city
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mewujudkan smart city. Wujud dari menuju smart city, karena Kota Probolinggo memanfaatkan solusi dari Indosat yang bernama Kota Digital Indonesia.

Perusahaan Teknologi Jepang Siap Bantu IKN Jadi 'Smart City'

Seperti diketahui, smart city adalah pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Information, Communication, and Technology (ICT) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengandalkan berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efetif.

Dengan Kota Digital Indonesia, Probolinggo diharapkan dapat berkembang menjadi kota digital sesuai kebutuhan, keunikan, dan keunggulan (branding) yang ingin ditonjolkan untuk membawa manfaat ekonomi, pembangunan, dan layanan publik yang lebih unggul.

Membangun IKN jadi 'Smart City'

Wali Kota Probolinggo Rukmini mengatakan, penandatanganan MoU smart city ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kota Probolinggo sangat peduli untuk memenuhi kebutuhan kota dengan dukungan ICT. Ke depannya, dengan penerapan konsep kota pintar di Probolinggo, pemerintah bisa memaksimalkan pelayanannya menjadi lebih baik.

"(Ini) Untuk masyarakat Probolinggo serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan," kata Rukmini dalam siaran persnya, Senin, 3 Oktober 2016.

Intip Paket Investasi Smart City di IKN yang Ditawarkan ke Pengusaha China hingga AS

Dengan demikian, implementasi Probolinggo sebagai smart city yang disediakan Indonesia melalui solusi Kota Digital Indonesia yang terdiri dari platform dashboard terintegrasi, perpusatakaan i-Library, Indosat Dedicated Internet Access (IDIA) melalui fiber optic dan jaringan wireless sebesar 100 Mbps, serta bundling gawai untuk karyawan di lingkungan Kominfo Pemerintah Kota Probolinggo.

Platform ini juga akan mendorong integrasi aplikasi yang telah ada, sekaligus menjadi pusat data, analisa, serta pengambilan keputusan untuk Pemerintah Kota Probolinggo.

Di saat yang sama, Indosat juga ikut berpartisipasi mewujudkan salah satu pilar smart city, yaitu membangun masyarakat cerdas atau smart society atau smart people di Probolinggo dengan menghadirkan perpustakaan digital i-Library dan menyumbangkan koleksi buku digital yang dapat diakses masyarakat Probolinggo secara gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya