Heboh Foto 'Botol Miras' di Depan Ahok dan Kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ahok.
Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id – Pengguna internet Indonesia kemarin sedang heboh dengan beredarnya foto calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tengah menikmati santap makanan ditemani beberapa botol minuman bewarna hijau.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Foto itu kemudian diunggah pengguna Facebook yang menduga, botol minuman yang terletak di meja hidangan merupakan minuman keras. Unggahan pengguna Facebook bernama akun Jack itu menuding botol tersebut adalah minuman keras.

Dalam postingan di grup 'Beranda Tolak Jokowi dan Ahok', akun Facebook bernama Jack mengunggah foto antara Ahok dan Tito beserta rekan lainnya dengan keterangan, “biar foto yang berbicara..atas ketidak adilan yang terjadi di indonesia. acara minum2 MIRAS bersama. akibat sering gaul sama aHOK.  hukum hanya tajam kebawah tumpul keatas,'  tulis akun bernama Jack tersebut. 

Gol Perdana 'Bang Jay' di Timnas Indonesia, Netizen Beri Pujian

Unggahan itu kemudian memicu komentar dari netizen dan memuncak ketika sebuah foto yang beredar itu didapat VIVA.co.id melalui tangkapan layar yang beredar di pesan instan. 

Para pengguna Twitter akhirnya mengomentari dan menanggapi unggahan Jack tersebut. Rata-rata komentar menyindir akun Jack yang penuh prasangka dan kebencian terhadap seseorang, tanpa meneliti terlebih dahulu botol hijau yang dimaksud.

Jay Idzes Jadi Sorotan Usai Indonesia Bekuk Vietnam, Bek Liga Italia Memang Beda!

Netizen banyak yang menjelaskan botol hijau yang dalam foto tersebut bukan minuman keras melainkan air mineral premium buatan Indonesia, yang bermerek Equil. Tak lama usai unggahan Jack, perbincangan dengan topik Equil menjadi trending topic di Twitter. 

Akun Twitter @imanlagi menyindir akun Jack dengan kembali mengunggah postingan akun Facebook tersebut. 

'PR gubernur DKI terpilih : mengurangi kesenjangan sosial yg masih tinggi. Misal: ada orang yang ga pernah liat Equil,' tulis @imanlagi.

Akun Twitter lain bernama @adelladellaide juga mengomentari unggahan akun Jack, dengan menjelaskan botol Equil tersebut bukan miras.

'Entah pengen nangis atau ketawa ngeliat orang yang begonya di level botol Equil dibilang botol beer/miras,” tulis @adelladellaide.

Kemudian akun bernama @Pa_phie mengomentari agar pengguna internet meneliti dan memastikan unggahan tak menimbulkan informasi yang menyesatkan.

 'Telitilah sebelum menulis baru. Jangan sampai membuat fitnah yang baru yang meresahkan masyarakat dan merugikan pihak tertentu. #equil,” tulis akun tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya