Rekor Pengguna Terbanyak Transportasi Online Ada di Jakarta

Aplikasi layanan transportasi berbasis pesan online.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Di era globalisasi masyarakat semakin dipermudah dengan keberadaan transportasi online. Hanya dengan menggunakan gadget, setiap penumpang dengan mudahnya melakukan perjalanan.

Nyerah karena COVID-19, Aplikasi Transportasi Online Pilih PHK Massal

Salah satu aplikasi transportasi online yang beroperasi di Indonesia, Uber, mencatat, masyarakat Ibu Kota Jakarta sangat terbantu dengan keberadaan aplikasi transportasi online. Bahkan, salah satu rekor dipegang oleh pengguna Uber di Jakarta. 

Managing Director Uber Indonesia, Alan Jiang, menuturkan ada satu orang penumpang Uber di Jakarta yang telah menempuh perjalanan sebanyak 1.777 kali sepanjang tahun ini.

Grab 'Bakar Duit' Rp7 Triliun di Vietnam, Takut Disalip Gojek

Jumlah tersebut, dikatakannya, sebagai pemegang rekor perjalanan terbanyak di tahun 2016. 

"Jika dibagi 365 hari, penumpang itu menggunakan layanan Uber sebanyak 4 hingga 5 kali setiap harinya selama satu tahun penuh. Jenis layanannya merupakan kombinasi antara mobil dan motor," kata Alan Jiang dalam acara Uber Year In Review 2016 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Desember 2016.

Pesaing Gojek dan Grab Janji Tidak Menaikkan Tarif saat 'Rush Hour'

Namun Alan enggan menyebutkan siapa nama pengguna setianya tersebut. Sedangkan untuk pengemudi yang paling produktif juga terdapat di Jakarta dengan menyelesaikan perjalanan sebanyak 3.170 kali

Selain itu, Alan juga menuturkan total perjalanan yang telah ditempuh oleh seluruh armada Uber di Jakarta. Perjalanannya diklaim mencapai 603.000.005 km.

“Di Jakarta, hari yang paling favorit untuk memesan Uber adalah Jumat. Sedangkan waktu yang paling populer adalah pada pukul 5 hingga 6 sore,” katanya.

Selain perjalanan tersebut, data yang dirangkum Uber juga mengungkap negara mana saja yang banyak dikunjungi oleh pengguna dari Jakarta. Hal ini diketahui dari pengguna yang melakukan pesanan saat berada di luar Indonesia.

“Pengguna dari Jakarta biasanya kerap melakukan pemesanan Uber saat berkunjung ke Singapura, Malaysia, dan Thailand,” tutur Alan.

Sedangkan pengguna dari negara lain, yang paling banyak memakai aplikasi Uber di Jakarta adalah mereka yang berasal dari Singapura, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya