Natal dan Tahun Baru, Trafik Telkomsel Bakal Naik 140 Persen

BTS Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id – Sudah menjadi tradisi bagi operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan optimalisasi kualitas layanan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Tahun ini Telkomsel pun menyiagakan sekitar 723 BTS untuk mengantisipasi lonjakan komunikasi seluler.

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

Ratusan BTS yang disiagakan itu secara tidak langsung difokuskan untuk mengantisipasi layanan data, mengingat jumlah pengguna smartphone di Indonesia saat ini sudah semakin banyak. Penempatan BTS tersebut kebanyakan diletakkan di lokasi titik destinasi wisata.

"Optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan, terutama di lokasi titik destinasi wisata, termasuk dengan menambah 54 unit BTS baru serta menyiagakan tambahan 20 unit Compact Mobile BTS (Combat) yang telah dilengkapi teknologi jaringan terdepan 4G LTE Telkomsel," ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Yetty Kusumawati, Kamis 22 Desember 2016.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Yetty memprediksikan akan terjadi peningkatan trafik layanan data hingga 140 persen untuk wilayah Jabotabek dan sekitar 130 persen untuk wilayah Jawa Barat, dibandingkan tahun sebelumnya. Ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video dan streaming musik, game online, media sosial, chatting dan penggunaan berbagai aplikasi, jelang momen libur akhir tahun.

"Untuk wilayah operasional Jabotabek dan Jawa Barat, terdeteksi sekitar 152 titik destinasi wisata favorit yang akan menjadi tujuan destinasi liburan selama liburan ini. Di sinilah lonjakan trafik akan terjadi," papar Yetty.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

Beberapa destinasi wisata yang dimaksud   Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Sawarna, Pantai Anyer, Pantai Pangandaran, Taman Rekreasi Cipanas, dan Taman Rekreasi Lembang.

Oleh karena itu, Telkomsel menambah sekitar 20 unit Compact Mobile BTS (Combat) berteknologi 4G LTE di sejumlah titik destinasi wisata favorit tersebut. 

Tambahan Combat tersebut juga didukung jaringan fiber optic dari Telkom yang mampu melayani trafik data hingga kapasitas 1 Gbps. Ini akan membantu mengoptimalkan layanan selama liburan.

"Sekitar 13 unit Combat, sebagian besar ditempatkan di Taman Impian Jaya Ancol, serta 7 unit Combat di wilayah operasional Regional Jawa Barat, dengan titik potensi keramaian puncak malam tahun baru terbesar akan berada di lokasi Alun-alun kota Bandung dan Pantai Pangandaran," kata dia.

Selain titik destinasi wisata, optimalisasi jaringan juga telah dilakukan Telkomsel di sejumlah titik lain seperti pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan modern, serta titik transit jalur transportasi seperti Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Stasiun Kereta Api Bandung.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan 132 titik Posko Siaga Telkomsel. Bahkan 63 unit layanan Mobile GraPARI dan 91 Motor Recharge Telkomsel telah disiagakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya