Mengapa Ikan Ini Dinamai Obama?

Ikan bernama Tosanoides obama
Sumber :
  • www.cbsnews.com/KGMB

VIVA.co.id – Spesies baru ikan yang ditemukan di Papahanaumokuakea, Hawaii, Amerika Serikat pada pertengahan lalu menjadi kini buah bibir. Sebab ikan tersebut dinamai dengan nama Presiden Barack Obama. 

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Dikutip dari CBS News, Kamis 22 Desember 2016, ilmuwan National Oceanic Atmospheric Administration (NOAA) memutuskan untuk menamai ikan berwarna kombinasi merah muda dan kuning itu dengan nama Tosanoides obama. 

Alasan menamai ikan dengan Obama itu karena beberapa hal. Pertama saat ditemukan warna dekat ekor ikan tersebut mencolok dan mirip dengan logo kampanye Presiden Barack Obama.

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Ilmuwan memutuskan untuk menyematkan nama Obama pada ikan tersebut, karena Presiden ke-44 Amerika Serikat itu dipandang telah berkontribusi melindungi lingkungan. Obama pada Agustus lalu mengunjungi Papahanaumokuakea Marine National Monument dan mengumumkan perluasan area terlindungi tersebut. Saat berkunjung itu, Obama diperlihatkan temuan ikan tersebut.

"Kami memutuskan menamai ikan ini dengan nama Presiden Obama atas upayanya untuk melindungi dan melestarikan lingkungan alam, termasuk juga upaya memperluas Papahanaumokuakea Marine National Monument," ujar ilmuan Bishop Museum dan pemimpin studi, Richard Pyle. 

Spesies Ular Berbisa Baru Ditemukan di Australia

Dia mengatakan, perluasan area kawasan terlindungi itu menambah lapisan perlindungan salah satu area hutan lebat di dunia. 

Ikan jenis tersebut merupakan ikan karang yang hanya endemik di Papahanaumokuakea Marine National Monument, Hawaii. Dengan demikian, ikan Obama itu tak akan ditemui di kawan lain di belahan dunia. 

Pizzly Beruang Hasil Perkawinan Silang

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Salah satu hewan paling aneh hasil hibridisasi atau perkawinan silang dari populasi spesies berbeda ialah pizzly bear atau beruang pizzly. Bagaimana penampakan dari hewan

img_title
VIVA.co.id
14 November 2023