Misi Baru Ungkap Kehidupan di Saturnus

Planet Saturnus
Sumber :
  • scienceworldrepor

VIVA.co.id – Para ilmuwan merencanakan misi ke planet bercincin atau Saturnus untuk kembali mencari tanda-tanda kehidupan. Kali ini, mereka fokus menilik dua bulan planet di Saturnus, yakni Titan dan Enceladus.
 
Titan dan Enceladus, diyakini sebagai bulan kecil yang bisa mendukung kehidupan. Tim ilmuwan akan mengirim peralatan berteknologi tinggi untuk mencari tahu planet bercincin tersebut.
 
Dua proposal proyek bertajuk Enceladus Life Finder (ELF) yang didukung oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan proyek Explorer of Enceladus and Titan (E2T) yang didukung oleh NASA dan European Space Agency, telah dipersentasikan di depan konferensi American Geophysical Union (AGU) pekan lalu.
 
"Harapan terbesar bagi ELF adalah untuk sepenuhnya mencari ciri kelayakhunian laut Enceladus. Saya ingin tahu apakah laut Enceladus dapat mendukung kehidupan, dan lebih baik lagi, untuk menemukan bukti kehidupan,” ujar Linda Spilker Maddie, salah satu yang mengajukan proyek ELF dikutip Science Alert, Jumat 23 Desember 2016.
 
Misi ELF dan E2T ini akan dibawa oleh Cassini Huygens, sebuah pesawat angkasa yang dibuat bersama oleh NASA khusus untuk misi ke Saturnus.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Dalam rencana penerbangan yang diajukan ELF, pesawat nantinya akan menukik ke ketinggian rendah sekitar 50 kilometer di atas permukaan kutub selatan Enceladus. Dari sana, pesawat akan mengambil sampel dari air laut yang akan dimuntahkan ke udara melalui celah-celah di permukaan es.
 
Dua spektrometer massa, akan menganalisis campuran kimia, dan memindai air mancur panas, gas hidrogen asam amino, dan isotop karbon, yang sering ditemukan dalam pola tertentu ketika kehidupan mikroskopis hadir. Komponen itu termasuk yang menandai adanya kehidupan.
 
Sementara itu, misi E2T akan melihat lebih dekat dua bulan Saturnus tersebut. Pada misi ini, pesawat akan menyelidiki kondisi untuk munculnya kehidupan dan potensi kelayakhunian dari dunia laut.
 
Sama seperti ELF, misi E2T akan terbang melintasi gumpalan kutub selatan Enceladus dan mengambil sampel air laut. Sebelumnya pesawat Cassini sudah mengambil sampel tersebut tapi wahana misi terbaru akan membawa instrumen yang lebih canggih agar bisa menganalisis lebih detail. Kedua misi ini, juga akan dilengkapi dengan pengambilan foto permukaan Titan dan Enceladus dengan resolusi tinggi.

(mus)

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024
Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024