Komet Hijau Kebiruan Melesat saat Malam Tahun Baru 2017

Komet Linear hijau
Sumber :
  • AstroStudio

VIVA.co.id – Dalam hitungan hari, kita akan memasuki 2017. Menariknya pada Sabtu malam akan muncul komet berwarna hijau kebiruan menghiasi langit.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Komet tersebut bernama 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková. Objek antariksa itu melesat dengan cepat di samping bulan yang menyinari 31 Desember 2016 malam hari. Butuh waktu lima tahun kembali, bila ingin menyaksikan komet tersebut dilihat oleh penduduk Bumi.

"Pada malam tahun baru, komet dan bulan sabit akan bertemu dan mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2016," ujar Badan Antariksa Amerika Serikat dikutip dari Daily Mail, Jumat, 30 Desember 2016.

Nyanyi Lagu Rhoma Irama, Pesona Ariel NOAH Gegerkan Pantai Carnaval Ancol

Dilihat secara periodiknya, komet 45P mengitari penuh orbitnya di Tata Surya ini mencapai 5,25 tahun. Keberadaan batuan luar angkasa itu ditandai dengan warna hijau yang kebiruan.

NASA menyebutkan, komet 45P ini berhasil diidentifikasi di ufuk barat pada 15 Desember lalu. Dan diperkirakan akan mengalami puncaknya terlihat saat kegelapan malam.

Detik-detik Malam Pergantian Tahun, Imigrasi Catat 9 Penerbangan Tiba di Bandara Soetta

Namun bagi pencinta astronomi, momen lewatnya komet 45P itu bisa jadi peristiwa langka. Sebab menyaksikan malam pergantian tahun dengan dipadu melintasnya komet 45P pada malam yang bersamaan, tentu tidak mudah. Bukan hanya karena akan kalah bersaing dengan riuhnya kembang api yang mengguncang langit dengan kelipnya, tetapi untuk melihat komet 45P membutuhkan alat bantu berupa teropong, sehingga bisa terlihat jelas.

Sebelumnya, belum lama ini terjadi hujan meteor Ursid yang setiap tahun terjadi antara 17 dan 23 Desember. Tapi tahun ini, Ursid mencapai puncak hujan meteornya terjadi pada 22 Desember.

Jakarnaval

Jakarnaval, Parade Kreatif yang Memukau di Perayaan Malam Muda Mudi Jakarta

Jakarnaval melibatkan beragam karakter lokal, seperti JeKaTe, ikon kreasi Pemda DKI Jakarta dan banyak lainnya.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024