Selaris Apa Layanan Data Operator saat Tahun Baru?

Suasana malam pergantian tahun di komplek Taman Wisata Candi Prambanan tampak dari atas bukit Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (1/1/2017).
Sumber :
  • ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Seperti yang sudah diduga sebelumnya, layanan data merupakan yang paling laris manis digunakan oleh para pelanggan seluler dalam menghabiskan tahun baru. Setidaknya, sekitar 4,25 petabyte terjadi saat momen pergantian tahun baru.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Telkomsel mengungkapkan, layanan data mereka melonjak 24,25 persen dibandingkan rata-rata payload dari hari normal 2016 sebesar 3,42 petabyte per harinya.

Telkomsel menyebutkan, tingginya trafik layanan data, karena dipicu meningkatnya aktivitas pelanggan saat mengunggah foto atau video menjelang pergantian tahun di media sosial dan aplikasi pesan instan. Selain itu, pengguna smartphone dan komputer tablet untuk video streaming, music streaming, maupun game online juga meningkat pada periode tersebut.

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

Di samping larisnya layanan data, Telkomsel juga mencatat ada kenaikan trafik layanan suara dan SMS. Trafik layanan suara meningkat tipis 0,1 persen dibanding hari normal menjadi 1,5 miliar menit, sementara trafik layanan SMS naik 18,4 persen ketimbang hari normal menjadi 929 juta SMS.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, perusahaan bersyukur upayanya untuk menyiagakan jaringan dalam kondisi yang optimum dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat pada momen pergantian tahun. 

Selain Video Call, Pemakaian Tiktok dan IG Naik Saat Lebaran

"Terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sekaligus mohon maaf apabila masih terdapat kendala saat pelanggan menikmati layanan kami," ucap Adita melalui pernyataan tertulisnya, Selasa, 3 Januari 2017.
 
Adita menuturkan, bagi Telkomsel kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial amat penting. "Ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan pada momen-momen penting lainnya yang akan datang," ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. 687 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah telah diperkirakan akan dipadati oleh pelanggan pada masa pergantian tahun.
 
Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya membangun 723 base transceiver station (BTS) baru, mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat), dan menambah kapasitas untuk layanan internet menjadi 837 Gbps. Dari sisi layanan, Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, 2.668 modern channel Siaga dan 3.779 outlet Siaga, serta 85 GraPARI Siaga dan Call Center yang siap melayani pelanggan tanpa kenal hari libur.

Menara BTS Telkomsel.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Telkom Indonesia dan SingTel sahkan direksi baru Telkomsel.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020