Pasar Komputer PC Melemah dalam Lima Tahun Terakhir

Pameran komputer di Jakarta beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVA.co.id – Pasar komputer personal atau PC global kini makin tergerus karena transisi pengguna ke perangkat komputer mobile, smartphone dan tablet. Data perusahaan riset teknologi menunjukkan, selama lima tahun terakhir ini pasar PC terus menurun. 

Keren, Ada Komputer Ukurannya Lebih Kecil dari Beras

Dikutip dari Wall Street Journal, Kamis 12 Januari 2017, perusahan riset Gartner memperkirakan pengapalan PC bakal 3,7 persen lebih rendah dari kuartal pembuka tahun ini. Sementara perkiraan International Data Corp (IDC), pengiriman PC akan turun 1,5 persen selama kuartal pertama tahun ini. 

"Penjualan pada masa libur secara umum melemah karena perubahan fundamental dalam perilaku pembelian PC," ujar analis Gartner, Mikako Kitagawa. 

Sharp Bakal Kembali Bikin PC, Toshiba 'Lempar Handuk'

Meskipun produk PC meningkatkan kecanggihan teknologinya, ujar Kitagawa, hal itu tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan pasar PC global. Sebab kini konsumen sudah cenderung memilih perangkat mobile. 

Sementara IDC melihat pasar PC global lebih optimis. Perusahaan riset ini melihat ugrade gratis Windows 10, sulitnya pergantian perangkat PC komersial karena Microsoft mengakhiri dukungan tas Windows XP, menjadikan permintaan komersial PC pada akhir tahun lalu cukup stabil. 

China, Raja Super Komputer Dunia

"Hasil kuartal terakhir (2016) menegaskan harapan kami atas stabilisasi pasar, dan beberapa pemulihan (pasar)" ujar Wakil Presiden Personal Computing Trackers and Forecasting IDC, Loren Loverde.

Dia mengatakan, konraksi pengapalan PC tradisional selama lima tahun terakhir ini karena pengguna bergerak untuk memperbaharui sistem. Kondisi itu, kata dia, menjadi peluang bagi pertumbuhan PC tradisional khususnya untuk pasar komersial. 

"Ini peluang bagus di saat segmen konsumen yang harus meningkatkan pengalamannya, karena sedikit tekanan dari pelambatan pasar ponsel dan tablet," ujar Loverde.

Bicara peta persaingan pasar PC global, data Gartner dan IDC menunjukkan, Lenovo masih memuncaki sebagai vendor PC global. Lenovo menguasai 20 persen dari pasar PC global. Perusahaan asal Tiongkok itu bersaing sengit dengan Hawlett-Packard di posisi kedua dan Dell di posisi ketiga. 

Sementara Apple dan Asustek Computer saling bersaing untuk posisi empat dan kelima. IDC memperkirakan Apple bisa menyisihkan Asustek sedangkan Gartnet memprediksi sebaliknya. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya