'Manusia Terakhir' yang Berjalan di Bulan Tutup Usia

Gene Cernan
Sumber :
  • Twitter/@NASA

VIVA.co.id – Amerika Serikat kehilangan salah satu astronaut pentingnya, Eugene Cernan atau Gene Cernan. Sosok Cernan penting bagi sejarah antariksa Badan Antariksa Amerika Serikat. Sebab Cernan dikenal sebagai orang terakhir yang berjalan di Bulan. Cernan meninggal pada 16 Januari 2017 dalam usia 82 tahun. 

NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

Dikutip dari Space, Selasa 17 Januari 2017, NASA mengonfirmasi kematian Cernan dalam websitenya dan media sosialnya. Cernan meninggal di tengah keluarga yang menyayanginya. 

Penyebab kematian Cernan sejauh ini belum ditetapkan, tapi pria yang menjadi komandan misi terakhir Apollo pada 1972 itu telah sakit dalam beberapa bulan terakhir sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Sejak saat itu, NASA tidak mengirim astronot ke Bulan dan belum ada negara-negara lain yang bisa menjalani misi serupa.

Kalau Kamu Diajak ke Bulan, Apa yang Mau Dibawa?

"Kami sedih kehilangan pensiunan astronaut NASA Gene Cernan, orang terakhir yang berjalan di Bulan," tulis NASA. 

NASA menuliskan, Cernan telah membuat sejarah dalam eksplorasi satelit Bumi. Cernan juga dikenal sebagai kapten Angkatan Laut AS yang meninggalkan jejak sejarah eksplorasi  dengan terbang ke antariksa selama tiga kali, dua kali di antaranya misi ke Bulan. 

Misi ke Bulan Bikin NASA Boros

Cernan masuk dalam kelompok ketiga astronaut NASA pada 1963. Pengalaman misi terbang antariksa pertamanya yakni dalam misi Gemini 9A. Misi tersebut ia jalani setelah tiga tahun kemudian, dia bersama Thomas Stafford menggantikan posisi Elliot See dan Charles Bassett. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya