Pemerintah Mulai Berburu 10 Ribu 'Tentara Siber'

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, meresmikan program ‘Born To Control’. Program tersebut untuk mencari kandidat sepuluh ribu “tentara siber” atau orang yang ahli di bidang keamanan siber.

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Rudiantara menjelaskan, selama ini Indonesia kekurangan Sumber Daya Manusia di bidang keamanan siber, sehingga program tersebut diharapkan bisa diandalkan ketika ada peran siber nantinya.

"Berdasarkan data ID-SIRTII, ada 28 juta serangan siber pada tahun 2015 dan itu kebanyakan malware. Kita tidak bisa diamkan. Artinya, bisa mencegah secara teknis, mampu secara teknis itu orang yang teknik," ucap Rudiantara di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin 30 Januari 2017.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

Dengan merujuk fakta tersebut, sudah tentunya Indonesia menjaring SDM yang mempunyai kualitas, kapasitas, kompetisi keamanan siber. "Sebenarnya orangnya ada, tapi orangnya itu-itu lagi," ucap Rudiantara.

Dalam mencari kandidat 10 ribu keamanan siber ini, Kominfo menggelar penjaringan di 10 kota seluruh kota di Indonesia melalui program ‘Born To Control’. Ke-10 kota yang dimaksud, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Samarinda, Makassar, dan Manado.

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

Sebagai informasi, program Born To Control tersebut diinisasi oleh PT Xynexis International, Noosc Academy, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) dan didukung Kementerian Kominfo.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, dari 10 ribu kandidat tersebut diharapkan dapat ditemukan sekitar 100 ahli keamanan siber.

“100 expert cyber security ini diharapkan mengubah industri cyber security," ucap pria yang disapa Semmy ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya