Pola Papan Catur Raksasa Terlihat dari Luar Angkasa

Penampakan papan catur raksasa dari antariksa
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Penampakan unik di Bumi kembali terlihat dari luar angkasa. Kru astronaut dalam Expedition 50 yang tinggal di Stasiun Antariksa Internasional memotret penampakan 'papan catur' raksasa dari antariksa.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Dikutip dari Live Science, Kamis 9 Februari 2017, dari Stasiun Antariksa Internasional terlihat pola kotak persegi hitam dan putih di daratan Idaho, Amerika Serikat. 

Setelah didalami, ternyata pola 'papan catur' raksasa itu merupakan pola yang terbentuk akibat penebangan hutan di area Idaho. 

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Badan Antariksa AS atau NASA menjelaskan, pola persegi putih merupakan area penebangan. Warnanya terlihat putih dari antariksa karena saat dipotret area tersebut sedang dilanda salju. 

Sementara itu, persegi yang terlihat hitam merupakan area hutan yang tak ditebangi. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Penebangan hutan memang sudah dibuka oleh pemerintah AS sejak lama. NASA menuliskan, pembukaan lahan hutan yang membentuk pola papan catur itu pertama kali disetujui pada 1880-an. Saat itu, pemerintah AS menghibahkan tanah hutan seluas 2,6 kilometer persegi kepada Northern Pacific Railway. 

"Bidang tanah hutan ini kemudian terjual habis untuk pembalakan kayu hutan. Papan catur itu merupakan metode untuk menjaga sistem keberlanjutan hutan, sedangkan perusahaan penebangan kayu memanen pohon," ujar NASA. 

Penampakan papan catur raksasa dari antariksa

Pada foto tersebut, sebelah kiri papan catur raksasa itu dibatasi oleh Sungai Priest yang menyusuri Pegunungan Selkrik di Idaho utara. 

Dalam sejarahnya, Sungai Priest dipakai sebagai transportasi kayu dari lokasi penebangan. Namun, pada 1968, pemerintah AS mengklasifikasikan aliran sungai itu sebagai sungai yang perlu dijaga, maka setelah itu tidak dipakai lagi untuk transportasi kayu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya