Trump Tertarik Hyperloop Dipakai di AS

Proyek Hyperloop One.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan minatnya terhadap Hyperloop. Teknologi baru itu merupakan moda transportasi berbentuk tabung atau kapsul berkecepatan tinggi.

Google Punya 'Kembaran' Hyperloop Milik SpaceX, Namanya Heliox

Ketertarikan Trump disampaikan ketika menjamu makan pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk di Gedung Putih awal pekan ini. Keduanya membahas rencana infrastruktur untuk AS.

Namun di akhir pertemuan, belum ada rencana konkret dari Trump menyisihkan anggaran untuk proyek Hyperloop. Dia sekadar menunjukkan ketertarikan saja.

Dubai Pamer Hyperloop One Melesat 1.200 Km/Jam

Dilansir Futurism, Rabu, 15 Maret 2017, menurut laporan The American Society of Civil Engineers, AS akan membutuhkan sebesar $3,6 trilliun untuk memperbarui infrastruktur seluruh negara AS. Tentunya dalam anggaran sebesar itu, Hyperloop belum masuk hitungan.

Menurut Musk, biaya untuk membuat teknologi transportasi Hyperloop dari Los Angeles ke San Francisco sekitar  $6 miliar. "Kemungkinan biaya per mil adalah $11.5 juta," kata Musk.

VIDEO: Hyperloop Melesat 324 Km/Jam, Elon Musk Banjir Pujian

Ide Hyperloop oleh Musk ini muncul karena ia frustasi dengan kelemahan proyek rel kereta berkecepatan tinggi di California yang berbiaya US$68 miliar, setara Rp699 triliun, dimulai pada 2013.

Menurutnya, proyek berbiaya besar itu tidak menciptakan transportasi yang cepat, malah kalah dibandingkan transportasi udara.

Untuk mewujudkan transportasi andal itu, Musk mengerahkan 1.000 insinyur dari perusahaan miliknya, Space X dan Tesla sejak 2012. 

Hyperloop merupakan moda transportadi berbentuk mirip kapsul polong yang nantinya berjalan dalam sebuah tabung bertekanan rendah, melesat dengan kecepatan 1.200-1.300 kilometer per jam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya