Remaja Temukan Kesalahan di Data NASA

Stasiun luar angkasa internasional (ISS).
Sumber :
  • Nasa.gov

VIVA.co.id – Seorang remaja berumur 17 tahun berhasil menemukan kesalahan data pada proyek NASA yang mendunia. Usai menemukan kesalahan itu, pria yang bernama Miles Solomon itu pun langsung mengirimkan email pemberitahuan ke NASA.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Penemuan Solomon ini berawal ketika dia mewakili sekolahnya dalam proyek dari Institute for Research in School (IRIS). Dalam proyek itu, para siswa diminta meneliti dari data asli yang berasal dari NASA. 

Para siswa diminta untuk membaca data terkait radiasi luar angkasa. Ukuran radiasi itu didapat dari penelitian astronot asal Inggris, Tim Peak, yang berlokasi di stasiun luar angkasa internasional pada Desember 2015. Data itu diambil setiap empat detik. Mereka ditekankan untuk melihat anomali dan pola yang menjanjikan dalam data itu.

Sampah China Diburu Amerika

"Saat itu kami hanya diberikan serangkaian kertas. Saya langsung melihat ke hasil di bawahnya, mencari bit energi yang terendah. Saya temukan ada sensor yang tidak mendeteksi radiasi apapun namun dituliskan -1. Padahal dalam teorinya, tidak ada energi negatif. Itulah yang saya jelaskan melalui email ke NASA," ujar Solomon, seperti dikutip dari Big Think.

Penemuan kesalahan ini pun menjadi perhatian NASA dan IRIS. Mereka pun mengundang Solomon dalam 'kelas sains' buatan NASA. Lembaga antariksa Amerika itu berharap peristiwa ini bisa menginspirasi murid-murid lain untuk menjadi ilmuwan.

Rusia-Amerika Memanas, NASA dan Roscosmos Ogah Ikut-ikutan

"Teman-teman menganggap saya aneh tapi ya apa boleh buat. Saya tidak berniat untuk membuktikan kesalahan NASA. Saya hanya ingin bekerja dengan mereka dan belajar dari mereka," katanya. (mus)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS 'International Space Station' adalah proyek konstruksi multi negara yang merupakan struktur tunggal.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022