Menakjubkan, Janin Domba Tumbuh di Dalam Rahim Buatan

Domba Texel
Sumber :
  • Mid Day

VIVA.co.id – Para peneliti di Children's Hospital of Philadelphia (CHOP) telah menciptakan inovasi baru untuk membantu kelahiran bayi prematur. Mereka membuat rahim buatan.

Memilukan, 5 Bayi Prematur di Gaza Ditemukan Membusuk di RS Al Nasr

Untuk uji coba, mereka menggunakan janin domba. Sebagai awalan, periset menempatkan janin domba prematur di dalam rahim itu. Janin domba kemudian disimpan selama empat minggu di rahim buatan.

Dilansir dari Business Insider, Jumat, 28 April 2017, hasil riset membuktikan janin domba ini mampu bertahan hidup. Tak hanya bertahan, janin pun berkembang pesat. Selama empat minggu berada di dalam rahim buatan, anak domba ini mulai tumbuh bulu, bertambah berat badan dan bahkan membuka mata.

Biadab! Israel Tinggalkan Bayi-Bayi Prematur Palestina Hingga Membusuk di RS Anak Gaza

Uji coba rahim buatan berhasil diterapkan pada delapan janin domba. Akan tetapi, ini hanya bentuk awalan saja, karena sebenarnya para peneliti tengah bekerja untuk menciptakan rahim buatan yang dapat menopang kehidupan bayi manusia yang lahir prematur. Bayi prematur tidak memiliki waktu panjang untuk berkembang sepenuhnya di rahim.

Oleh karena itu bayi prematur dinilai masih memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan sepanjang hidup mereka. Jika dokter bisa menempatkan bayi prematur di dalam rahim buatan dan menghabiskan sisa minggunya untuk berkembang sepenuhnya, penemuan ini benar-benar dapat mengubah kehidupan bayi itu.

Top Trending: Suami-istri Cabuli Anak Kandung, Bayi Prematur Meninggal Usai Dibuat Konten

Para peneliti menyatakan, di masa depan, rahim buatan ini hanya bisa menopang kehidupan bayi yang lahir setelah 23 minggu di dalam rahim ibunya. Dengan demikian, mereka menyimpulkan bahwa rahim ibu masih menjadi hal penting untuk konsepsi dan perkembangan tahap awal bayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya