Cara 'Kecerdasan Buatan' Opera Mini Bekerja

Ilustrasi Opera Mini.
Sumber :
  • peperonity.com

VIVA.co.id – Mesin pencari Opera Mini kini dibekali dengan mesin artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Head of Public Relations and Communications Asia Opera Software, Peko Wan mengatakan, pihaknya mulai menerapkan AI melalui versi Beta pada akhir tahun lalu.

Opera Mini: Separuh Pengguna Internet di Indonesia Tak Puas

Tujuannya adalah untuk memastikan pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia dapat menemukan informasi yang sesuai dan ringkas. Peko menjabarkan AI Opera memiliki algoritma sendiri untuk menguratori dan menyajikan konten yang relevan kepada pengguna.

"Opera Mini kini memiliki fitur newsfeed yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligent) untuk membaca kebiasaan pengguna. Mobile browser ini akan menampilkan berita sesuai dengan apa yang sering dibaca," ujarnya kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Pria Cenderung Pakai Mobile Browser Lebih Sering

Peko menjelaskan cara kerja AI akan disesuaikan dengan berita yang paling banyak di-klik oleh pengguna mobile internet. Kemudian, AI akan mengambil konten dari hasil yang dipersonalisasikan berdasarkan interaksi penggunanya.

"AI akan secara otomatis mengambil berita populer di kalangan jaringan pengguna. AI, dengan lebih pintar, mengambil konten hasil personalisasi berdasarkan interaksi dengan pengguna. Hal ini sangat membantu pengguna yang baru pertama kali pakai Opera," ujarnya menjelaskan.

Ada Jutaan Pengguna Opera Mini dari Indonesia

Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengetikkan URL atau pengaturan tambahan untuk mendapatkan informasi online yang dipersonalisasi. Hingga saat ini, Opera telah bekerjasama dengan 45 penerbit.

Keempat puluh lima penerbit itu mencakup hampir 100 situs yang sering diakses oleh pengguna Indonesia. Sedangkan, kategori konten meliputi berita, hiburan atau gosip, gaya hidup, olahraga dan teknologi. (mus)

Opera Browser.

Fitur Penghemat Data Penting Bagi Browser, ini Sebabnya

Fitur ini juga disukai oleh kaum adam.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2017