Jepang Luncurkan Roket H-24, Bawa GPS Terbaru

Jepang luncurkan roket terbaru H-24, Sabtu, 19 Agustus 2017.
Sumber :
  • Kyodo/via Reuters

VIVA.co.id – Pemerintah  Jepang meluncurkan roket H-24, di Tanegashima Space Center, di sebelah barat daya Pulau Tanegashima, Jepang, Sabtu, 19 Agustus 2017. Roket tersebut membawa geo-positioning satellite terbaru.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Peluncuran ketiga ini merupakan perwujudan rencana Jepang untuk membangun sistem navigasi yang menyajikan informasi kewilayahan, guna kepentingan keamanan nasional dan autopiloting

Dilansir laman Reuters, seharusnya roket ini diluncurkan sejak pekan lalu. Namun lantaran gangguan teknis, pemerintah Jepang terpaksa menunda peluncuran roket tersebut.

Momen Membanggakan Saat Narendra Modi Menyaksikan Peluncuran Roket India ke Bulan

"Dengan peluncuran ini, kami sudah beberapa langkah lebih maju untuk meluncurkan satelit keempat," ujar Masaji Matsuyama, menteri yang bertanggung jawab mengurusi kebijakan ruang angkasa seperti dikutip Reuters

Rencananya, satelit keempat akan diluncurkan akhir tahun ini. Dengan bantuan satelit ini, informasi yang disajikan diklaim akan lebih akurat.

Pertama Kalinya Setelah 47 Tahun , Rusia Luncurkan Roket untuk Misi ke Bulan

Pada 2023, Jepang direncanakan akan memiliki tujuh geo-positioning satellite. Dengan demikian, sistem navigasi Jepang akan tetap berjalan meskipun GPS milik Amerika Serikat tidak berfungsi.

Satelit ini dirakit oleh Mitsubishi Electric Corp dan diluncurkan ke ruang angkasa oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd.
 

Roket kormesial pertama Jepang meledak usai lepas landas.

Ngeri, Roket Komersial Pertama Jepang Meledak Usai Lepas Landas

Percobaan peluncuran roket komersial pertama Jepang mengalami kegagalan dramatis hanya beberapa saat setelah lepas landas. Hal tersebut terekam dan hal ini jadi sebabnya.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024