Asteroid 4,4 kilometer Dekati Bumi Tanggal 1 September Nanti

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
Sumber :
  • Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengingatkan pada 1 September 2017, asteroid dengan panjang 4,4 kilometer akan melintas dekat Bumi. Tapi asteroid raksasa ini, tidak berpotensi berbahaya bagi Bumi. Asteroid yang dilacak NASA itu dikenal dengan nama Florence. 

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Dilansir Mirror, Selasa 22 Agustus 2017, Manager of Center for Near-Earth Object Studies (CNEOS) NASA, Paul Chodas mengatakan, saat melintas dekat Bumi, asteroid Florence berjarak berjarak 4,4 juta mil atau sekitar 7 juta kilometer dari Bumi, atau 18 kali jarak Bumi ke Bulan.

Memang terdengar cukup jauh, tapi Chodas menyatakan, dengan melintas 18 kali jarak Bumi ke Bulan sudah masuk objek dekat dengan Bumi. Selain Florence, masih banyak asteroid yang lewat lebih dekat dari Bumi, tapi ukurannya lebih kecil.

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

"Florence adalah asteroid terbesar yang melewati planet kita, Florence merupakan asteroid terbesar sejak NASA mulai melacak dan mendeteksi asteroid," ujar Chodas.

Karena ukurannya itu, NASA menganggap Florence adalah target paling bagus untuk menguji berbagai teknologi pengamatan asteroid milik NASA.

Geger Astronom Sebut Planet Ini Ada Alien, Ini Alasannya

"Radar luar angkasa adalah teknik yang ampuh untuk mempelajari ukuran, bentuk, rotasi, fitur permukaan dan untuk penentuan jalur orbit mereka yang lebih tepat," kata Chodas.

Selain Florence, asteroid seukuran rumah juga akan berpapasan dengan bumi pada 12 Oktober 2017. Asteroid yang dikenal dengan 2012 TC4 itu, akan melintas dengan jarak 44.000 kilometer dari Bumi. Ukuran asteroid sebesar rumah itu punya panjang 15-30 meter. (ren)

Lapisan atmosfer yang mengorbit di atas Garis Karman.

Bumi Punya Tameng Langit

Tapi, tahukah kamu, kalau Bumi memiliki tameng langit atau sistem pertahanan yang membuatnya bisa terhindar dari hantaman benda asing dari luar angkasa.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024