Paus Bakal Diskusi dengan Astronaut di ISS, Bahas Apa?

Paus Fransiskus
Sumber :
  • BBC

VIVA – Paus Fransiskus dijadwalkan akan berbicara dengan para astronaut misi Expedition 53 yang berada di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, Kamis pagi 26 Oktober 2017 waktu Vatikan.  

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

Komunikasi pemimpin Gereja Katolik Roma itu akan menjadi yang kedua sepanjang sejarah. Sebelumnya komunikasi antara Paus dengan awak ISS pernah dilakukan pada 2011. Kala itu Paus Benediktus XVI berbicara dengan astronaut yang berada di ISS dari Perpustakaan Vatikan di Roma, Italia. 

Dikutip dari Space, Kamis 26 Oktober 2017, nantinya Paus Fransiskus akan berbicara dengan astronaut Badan Antariksa Eropa, Paolo Nespoli dan tiga astronaut lainnya Randy Bresnik, Mark T Vande Hei dan Joe Acaba. 

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

"Kemungkinan kosmonaut Rusia juga akan bergabung dalam perbincangan dengan Paus Fransiskus," ujar Juru bicara NASA, Dan Huot dalam keterangan lewat email

Komunikasi antara Vatikan dengan astronaut di ISS pada kali ini diselenggarakan berkat dukungan dari tim dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Italia. Badan antariksa itu akan menyiapkan fasilitas agar Paus Fransiskus bisa berkomunikasi dengan para awak ISS tersebut. 

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

Kilas balik pada perbincangan Paus Benediktus XVI pada 2011, kala itu Paus berbincang dengan 12 astronaut di ISS. Saat itu Paus bertanya kepada para kru tentang sudut pandang mereka tentang alam semesta dari luar angkasa. Paus juga berdiskusi bagaimana pengalaman di antariksa para astronaut bisa mempengaruhi pandangan mereka pada awal mula dan takdir alam semesta serta peradaban manusia. Paus Benediktus XVI mengaku sangat senang berbincang dengan astronaut dan menyebutkan itu merupakan 'kesempatan yang luar biasa'. Paus juga memuji keberanian para astronaut. 

Untuk agenda perbincangan dengan astronaut pada hari ini, belum diketahui topik apa yang akan dibahas Paus Fransiskus. Namun selama ini, Paus Fransiskus telah menunjukkan keyakinannya pada sains dan teori evolusi serta teori Big Bang.   

Gus Yahya dan Gus Ipul hadir ketika PBNU melakukan kegiatan halal bi halal

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Rencana Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia waktu itu tertunda karena Covid-19.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024