Palapa Ring Paket Barat Ditarget Rampung Februari 2018

Ilustrasi Palapa Ring.
Sumber :
  • Sekretarian Negara

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, proyek Palapa Ring Barat bisa dicicipi oleh masyarakat awal tahun 2018.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

"Bulan Februari (2018), Palapa Ring barat harusnya selesai konstruksi, setelah itu harusnya operasi," ujar Rudiantara ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin, 11 Desember 2017.

Dalam proyek nasional itu, Pala Ring terbagi dalam tiga paket yaitu, paket Barat, Timur dan Tengah.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Paket Barat akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau sampai dengan Pulau Natuna, dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 kilometer. Paket Barat dimenangkan oleh Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra.
 
Kedua, Paket Tengah yang menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara, sampai dengan Kepulauan Sangihe-Talaud, dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 kilometer. Pada Paket Tengah dimenangkan oleh Konsorsium Pandawa Lima.
 
Ketiga, Paket Timur yang menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua, sampai dengan pedalaman Papua, dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 kilometer. Kabel tersebut menjangkau 35 kabupaten/kota dengan perkiraan proyek mencapai US$143,18 juta.

Rudiantara menargetkan, proyek Palapa Ring akan dinikmati oleh masyarakat pada 2019. Sedangkan paket Barat ditargetkan selesai awal tahun depan.

Pesan Mahfud MD ke Pejabat Eselon I Kominfo: Tak Usah Gelisah, Tenang Saja

"Tengah sama Timur nyusul kemudian. Nanti lah Januari saya kasih tahu," ucapnya.

Sidang kasus korupsi BTS di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Jaksa awalnya menyinggung percakapan dalam grup WhatsApp soal proyek Palapa Ring kepada terdakwa korupsi BTS Irwan, dan setoran ke oknum BPK berinisial AQ

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023