Demi Bitcoin, Orang Rela Gadaikan Rumah

Bitcoin.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Nilai Bitcoin yang kian meroket membuat orang tertarik membeli mata uang virtual tersebut. Orang kini makin kreatif menempuh cara agar bisa memiliki Bitcoin. 

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

Terdorong dengan nilai Bitcoin yang terus mengilau, beberapa orang rela menggadaikan rumahnya demi mendapatkan Bitcoin. Sebagian yang lain, membeli Bitcoin dengan menggunakan kartu kredit mereka. 

"Kami telah melihat upaya menggadaikan (rumah) untuk membeli Bitcoin. Orang membelinya dengan kartu kredit maupun pinjaman," kata President of the North American Securities Administrators Association, Joseph Borg, dikutip dari Business Insider, Selasa 12 Desember 2017. 

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

Dalam pengamatannya, Borg menuturkan, meroketnya nilai Bitcoin, kini membuat banyak warga AS yang mulai tertarik investasi pada mata uang virtual tersebut.

Ketertarikan itu, menurutnya wajar, namun Borg berpandangan investasi pada Bitcoin dengan kartu kredit atau menggadaikan dengan investasi lain, bukan sesuatu keputusan yang mudah. 

Ruko di Medan Jadi Lokasi Tambang Bitcoin, Curi Listrik hingga Rp 14,4 Miliar

"Jadi ini bukan seperti orang yang menghasilkan US$100 ribu dalam setahun," kata dia. 

Pencapaian Bitcoin ini merupakan hal luar biasa dalam setengah tahun terakhir pada tahun ini. Pada awal tahun ini, valuasi satu Bitcoin mencapai US$1.000 atau Rp13,5 juta, kemudian melonjak jadi US$5.000 (Rp67,5 juta) dan US$6.000 (Rp81,08 juta) pada Oktober.

Trennya terus naik menjadi US$7.000 (Rp94,5 juta) dan US$8.000 (Rp108,01 juta) pada November. Tren positif terus berlanjut, jelang penghujung tahun ini sudah mendekati US$10.000. 

Selasa awal pekan ini, dikutip dari Coinmarketcap, nilai Bitcoin sudah menembus US$17.038 atau Rp243,4 juta untuk satu Bitcoin. Bahkan pada akhir pekan lalu, dalam pertukaran di Coinbase, nilai Bitcoin menembus US$19.000 atau Rp271,42 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya