Jaringan Internet Iran Diretas, Muncul Bendera AS

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA – Peretas atau hacker telah menyerang jaringan internet dan pusat data di Iran. Mereka kemudian meninggalkan pesan berbentuk gambar bendera Amerika Serikat di layar dengan peringatan, "Jangan mengacaukan pemilihan kami!"

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Kementerian Komunikasi dan Informatika Iran menyebut bahwa serangan ini memengaruhi 200 ribu jaringan di seluruh dunia, termasuk 3.500 di antaranya di Iran.

Menteri Komunikasi dan Informatika Iran, Mohammad Javad Azari-Jahromi, mengaku belum mengetahui siapa pelaku di balik serangan siber tersebut.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Sasaran utama dari serangan ini adalah Eropa, China dan Amerika Serikat. Sekitar 55 ribu perangkat terkena dampak di Amerika, 14 ribu di China, dan Iran sebesar 3.500," kata dia, seperti dikutip The Guardian, Minggu, 8 April 2018.

Azari-Jahromi juga mengatakan Badan Tanggap Darurat Teknologi Informasi Iran atau Maher, telah menunjukkan kelemahan dalam memberikan informasi kepada perusahaan yang terkena dampak atas setelah serangan tersebut.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

"Kami sudah mendeteksinya sejak hari Jumat malam (6 April). Serangan ini sudah kami 'netralkan' dalam beberapa jam dan kami pastikan tidak ada data yang hilang," ungkap Azari-Jahromi.

Pernyataan negara musuh abadi Israel itu keluar setelah perusahaan keamanan TI, Cisco, mengeluarkan peringatan dan memberikan patch yang menurut mereka gagal dipasang di sejumlah perusahaan di Iran.

Sebuah blog yang diterbitkan pada Kamis, 5 April lalu oleh Nick Biasini, seorang peneliti keamanan Cisco, yang mengatakan, beberapa insiden di beberapa negara, termasuk beberapa yang secara khusus menargetkan infrastruktur penting, telah melibatkan penyalahgunaan protokol bernama Smart Install.

Menurutnya, serangan siber ini menghantam router milik Cisco sehingga perusahaan mengambil sikap aktif dengan membantu pelanggan untuk mengidentifikasi kelemahan dari router guna menangkal kejahatan dunia maya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya