Facebook Punya Athena, Satelit Luar Angkasa Pesaing SpaceX

Elon Musk saat menghadiri kompetisi SpaceX Hyperloop Pod II.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA – Facebook dikabarkan memiliki proyek luar angkasa untuk mengalahkan SpaceX. Sebuah formulir di lembaga yang mengurusi spektrum elektromagnetik, FCC, menyatakan bahwa platform itu sedang meminta izin untuk meluncurkan satelit bernama Athena.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dilansir Daily Mail, Sabtu 5 Mei 2018, Athena akan menjadi satelit untuk menyediakan akses internet broadband ke daerah yang belum terjangkau. Formulir itu dimasukkan oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Point View Tech LLC yang diyakini sebagai anak perusahaan Facebook.

Roket Falcon 9 milik SpaceX di langit Orange County, California, Amerika Serikat, 22 Desember 2017.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Beberapa waktu belakang kedua perusahaan ini saling dikaitkan karena berbagi beberapa aset perusahaan seprti karyawan mereka. Point View juga membeberkan tiga lokasi yang akan menjadi penerima data dari Satelit Athena.

Salah satunya adalah sebuah lokasi di Northridge, Amerika Seikat, yang juga sama dilaporkan telah disewa oleh Facebook. Point View berharap bahwa Proyek Athena ini bisa diluncurkan pada 2019 dengan dua tahun masa percobaan.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg.

Athena akan dikabarkan menggunakan frekuensi tinggi sinyal radio. Ini untuk membantu pengembangan jaringan 5G di masa depan. Facebook juga telah lama memiliki minat pada satelit untuk jangkauan internet di seluruh dunia.

Lima tahun lalu platform ini merilis internet.org untuk mempermudah akses internet di daerah berkembang. Lalu, pada 2016, Facebook dan SpaceX sebenarnya sudah berkolaborasi meluncurkan satelit media sosial terbesar. Namun, misi itu gagal karena Roket Falcon 9 yang membawa satelit meledak di Cape Canaveral, Florida, AS. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya