Ilmuwan Yakin Betul, Planet 'Dekat' Bumi Ini Layak Huni

Planet luar Tata Surya Ross 128b
Sumber :
  • www.astronomy.com/ESO/M.Kornmesser

VIVA – Sebuah penelitian mengidentifikasi planet luar Tata Surya atau eksoplanet bernama Ross 128b bisa menjadi tempat layak huni. Planet yang ditemukan pada 2017 dan berjarak 11 tahun cahaya dari Bumi itu, memiliki suhu untuk menjaga cairan. 

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Ross 128b merupakan planet luar Tata Surya kedua terdekat dengan Bumi. Planet yang berbobot 1,4 massa Bumi itu diyakini mengorbit ada Zona Goldilocks, area tersebut memang berada di tempat yang tidak terlalu panas ataupun dingin. Planet Ross 128b juga diyakini para peneliti memiliki kemiripan dengan Bumi yaitu planet berbatu.

"Sungguh menggembirakan saat kita bisa belajar tentang planet lain dengan menentukan apakah cahaya dari bintang induknya memberitahu tentang sistem kimianya," ujar peneliti dari Observatorio Nacional Brasil, Diogo Souto, seperti dilansir dari laman Express, Jumat, 13 Juli 2018.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Souto mengatakan meskipun Ross 128b bukan kembaran Bumi dan belum jelas apakah punya aktivitas geologi, namun dia yakin betul planet itu punya kemampuan mendukung kehidupan. 

"Kami dapat memperkuat argumen bahwa itu adalah planet beriklim sedang yang berpotensi punya air cair di permukaannya," jelasnya. 

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Ia menambahkan masih banyak yang belum diketahui mengenai Ross 128b. Namun Diogo meyakini bahwa pernyataan mengenai planet tersebut beriklim sedang.  

Para peneliti menemukan planet yang memiliki suhu untuk mendukung adanya kehidupan dengan cara menganalisis suhu pada bintang induk dan diameter planet. Setelah mengetahui dua informasi tadi, mereka menggabungkan dan menganalisisnya. 

Dengan perhitungan satu tahun cahaya sama dengan sekitar 9,4 triliun kilometer, sayangnya belum bisa melakukan penelitian secara langsung. Karena akan membutuhan 191.251 tahun untuk menuju Ross 128b. 

Namun demikian, Ross 128b bakal lebih dekat dengan Bumi dibanding planet saudara bumi lainnya, Proxima b yang jaraknya 4,22 tahun cahaya dari Bumi. Ilmuwan memperkirakan, dalam waktu 79 ribu tahun lagi, Ross 128b bakal lebih dekat dengan Bumi dibanding Proxima b.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya