Kejahatan Dunia Maya

Awas, Tiket Pesawat Palsu Marak Ditawarkan

VIVAnews - Symantec kembali merilis laporan keamanan bulanan mereka. Pada Symantec Spam Report, December 2009, salah satu tren spam yang muncul adalah penipuan dengan memanfaatkan momen liburan akhir tahun.

Seperti diketahui, selama musim liburan, banyak orang bepergian untuk mengujungi keluarga dan teman-teman. Dalam lingkungan ekonomi seperti ini, tawaran tiket pesawat murah kerap mengundang perhatian dan ini dimanfaatkan dengan baik oleh spammer.

Para peneliti Symantec mengamati peningkatan spam yang menawarkan tiket pesawat gratis atau hadiah voucher yang dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat. Pesan spam ini berasal dari alamat yang dipelesetkan misalnya “AirlineTickets@spam-doimain” dan “FreeAirline.Tickets@spam-domain”.

Link yang diberikan dalam pesan mengarahkan pengguna ke sebuah formulir online yang meminta informasi tentang informasi pribadi dan data kartu kredit.

10 besar subyek yang digunakan dalam spam tiket pesawat adalah sebagai berikut:

-    Subject: RE: 2 [airline name] Airline Tickets
-    Subject: Fly the skies with cheap airfares.
-    Subject: Fly Anywhere in the U.S.
-    Subject: 2 Round Trip Airline tickets. Fly anywhere in the US
-    Subject: Airfare on us – with this [airline name] Airlines Reward Card
-    Subject: Airline ticket bookings made easier.
-    Subject: Airline tickets. The quickest way to anywhere.
-    Subject: Airline tickets to any place in the world.
-    Subject: Amazing deals across all airlines.
-    Subject: Book cheap airline tickets now!

Karena banyak sekali produk palsu yang terkait dengan penawaran yang tidak diharapkan tersebut, pengguna tidak dapat memastikan bahwa tiket pesawat murah tersebut adalah asli (kalaupun tiket tersebut pada akhirnya dikirim).

Symantec menyebutkan, pengguna dapat terhindar dari penyalahgunaan data mereka dengan mengetikkan URL asli langsung di address bar pada browser ketika memesan tiket selama musim liburan. Tidak dengan mengklik link pada email spam.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024