Logo BBC

Sel Kekebalan Tubuh Dipakai untuk Lawan Virus Corona

Ilustrasi vaksin COVID-19.
Ilustrasi vaksin COVID-19.
Sumber :
  • Red Herring

Blood samples
Getty Images

Sel kekebalan tubuh dipakai untuk melawan Virus Corona? Kenapa tidak. Sejumlah ilmuwan Inggris sedang menguji jenis perawatan yang diharapkan bisa melawan pandemi Virus Corona COVID-19 yang diidap pasien-pasien paling parah.

Langkah ini dilakukan setelah para peneliti dari Francis Crick Institute, King`s College London, dan Guy`s and St Thomas` Hospital mengkaji sel-sel kekebalan tubuh dari 60 pasien COVID-19.

Dari kajian itu diketahui, pasien-pasien yang sakit parah memiliki sel kekebalan tubuh yang jumlahnya sangat rendah. Sel kekebalan tubuh itu bernama Sel T, yang fungsinya membersihkan infeksi dari dalam tubuh.

Saat diteliti, pasien-pasien Covid-19 memilki 200-1.200 Sel T dalam satu mikroliter (0,001 ml) tetes darah. Padahal, orang dewasa yang sehat punya sekitar 2.000-4.000 Sel T dalam satu mikroliter tetes darah.

Profesor Adrian Hayday dari Crick Institute mengatakan "luar biasa terkejut" ketika melihat apa yang terjadi dengan sel-sel kekebalan tubuh para pasien positif Virus Corona COVID-19.