Perilaku Pengguna Internet

Pengguna Asia Paling Kecanduan Internet

Berdasarkan survey oleh firma riset TNS, yang siarkan The Digital World, secara global rata-rata jumlah pengguna Internet menghabiskan sekitar 30 persen waktu luangnya di Internet.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Lebih dari 27.500 responden berusia mulai dari 18 sampai 55 tahun yang diwawancarai pada riset ini. Mereka berasal dari Australia, Kanada, Cina, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.
 
Hasilnya, selain Cina, pengguna Internet dari Jepang dan Korea juga mencatat jumlah yang signifikan dalam hal meluangkan waktu di dunia maya. Rata-rata waktu luang responden di dua negara tersebut mencapai 40 persen, artinya sekitar 40 persen waktu luang mereka dihabiskan dengan aktivitas dunia maya.
 
Sementara di Cina, 94 persen responden berpartisipasi dalam layanan forum maupun bulletin-board, dan sekitar 60 persen di antaranya memakai layanan tersebut berbasis reguler - setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Dari angka itu, ditemukan sembilan dari sepuluh responden Cina aktif membaca dan memperbarui blog, dan 85 persen responden mengatakan mereka berpartisipasi dalam chat room.
 
Untuk situs jejaring sosial, responden asal Korea menghabiskan waktu terbanyak pada segmen ini. Sekitar 86 persen responden mengaku telah terdaftar dalam sejumlah situs jejaring sosial, rata-rata yang diperoleh adalah sekitar 4,6 situs per orang.
 
Sementara itu, responden asal Jerman juga memiliki rekor terbesar, terutama pada segmen wiki. Sekitar 92 persen responden Jerman mengaku waktu luang mereka habis untuk melihat dan memperbarui wiki.
 
"Data kami menunjukkan bahwa negara-negara di Asia memimpin, terutama pada partisipasi media sosial," ucap Bernice Klaasen, Kepala TNS Interactive Singapura dan Hong Kong.
 
"Ini menunjukkan bahwa Internet telah menjadi wadah baru bagi masyarakat dunia untuk mengeskpresikan diri, berkomunikasi, interaksi, dan sebagainya. Dunia maya terlihat mulai menyatu dengan aspek-aspek masyarakat dan gejala sosial di dunia nyata," kata Klaasen.

Ketua TKN Prabowo Gibran Rosan Roeslani.

Seluruh Gugatan Kubu Anies dan Ganjar Ditolak MK, Rosan: Hasil Pilpres Sudah Final Serta Sah

Elite pendukung pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam TKN pun merespons positif putusan MK terkait perkara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024