Transaksi Tokopedia Capai Rp6 Miliar

Pendiri Tokopedia Leontinus Alpha Edison (kiri) dan William Tanuwijaya (kanan)
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Startup e-commerce Tokopedia baru saja menginjakkan usianya yang pertama, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2010 lalu. Namun, total akumulasi transaksi yang diraih startup itu sudah mencapai Rp6 miliar.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

"Kepercayaan pasar terhadap Tokopedia bertambah setiap bulannya. Agustus tahun lalu kami hanya bisa membukukan transaksi senilai Rp 33 juta, akhir bulan lalu kami telah mencatatkan transaksi senilai Rp 1,3 miliar," kata William Tanuwijaya, Co-founder Tokopedia, melalui rilis yang dikirimkan kepada VIVAnews, Kamis 19 Agustus 2010.

Jadi, kata William, hanya dalam tempo 11 bulan, transaksi bulanan yang terjadi di Tokopedia meningkat hingga lebih dari 4.000 kali lipat. Tokopedia sendiri didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya pada Februari 2009 dan meluncur untuk pertama kalinya pada 17 Agustus 2009. 

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Situs e-commerce ini menyediakan mekanisme escrow account (rekening gabungan) yang bisa digunakan untuk menampung uang pembeli, sementara barang belum dikirimkan oleh penjual. 

Uang baru bisa ditarik pihak penjual setelah pihak pembeli menerima barang pesanannya. Dengan demikian diharapkan proses jual beli online bisa berlangsung aman. Kini ada lebih dari 4.600 pengguna yang memiliki toko virtual di Tokopedia. 

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Setidaknya Tokopedia kini menghimpun setengah juta pengunjung dan lebih dari 3 juta pageviews per bulan. Bersamaan dengan ulang tahun pertamanya, Tokopedia juga melepas status betanya, menyediakan mobile site, dan meningkatkan limit harga produk dari Rp 9.999.999 menjadi Rp 25 juta, serta limit total belanja dari Rp 15 juta menjadi Rp 40 juta. (umi)

Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024