Situs Internet

Mesin Pencari Khusus Film

VIVAnews - Ingin mencari film-film klasik dari tahun 60-an seperti film horor Jepang “Onibaba” atau film komedi “The Lavender Hill Mob?” Tidak perlu repot. UK Film Council, lembaga yang bertanggungjawab untuk pengembangan industri film di Inggris meluncurkan situs mesin pencari khusus film.

Situs yang menggunakan pendekatan serupa Google ini dapat membantu penggemar film, khususnya asal Inggris untuk mencari film favorit mereka. Mulai dari film layar lebar biasa, sampai ke film yang tak dikenal. Situs itu, beralamat www.findanyfilm.com dapat digunakan secara cuma-cuma dan menyimpan catatan lebih dari 30 ribu film atau tontonan sepanjang sekitar 7 tahun nonstop, yang terdiri dari 20 genre dan 60 bahasa lebih.

“Seperti Google untuk film, situs ini merupakan yang pertama yang tersedia di Internet dan meng-indeks seluruh film yang ada di Inggris. Semuanya dapat digunakan secara gratis,” ucap seorang perwakilan UKFC pada pernyataan yang VIVAnews kutip dari PCMagazine, 29 Januari 2009.

Situs itu juga memberitahukan pada pengunjung bagaimana mereka bisa menonton film yang mereka pilih. Apakah di bioskop, televisi, DVD, Blu-ray, online, ataupun mendownload-nya lewat situs yang legal. Salah satu tujuan situs ini juga untuk mengatasi download ilegal yang telah merusak industri musik selama bertahun-tahun.

Pada contoh Onibaba, film yang menceritakan tentang seorang janda dan ibu tiri yang hidup dari membunuh para Samurai lalu menjual senjatanya untuk makan, film itu tersedia dalam format DVD dan dijual oleh beberapa retailer besar. Findanyfilm juga bisa mengarahkan penggunanya ke halaman yang relevan jika pengunjung ingin membeli film yang bersangkutan. Selain itu, fitur lain yang dimiliki situs pencari tersebut adalah “alert me” yang berfungsi untuk memberitahukan pada pengunjung kapan film tersebut ditayangkan di televisi, di bioskop, atau di Internet.

“Situs baru ini akan mengubah cara pengguna mencari film yang ingin mereka tonton,” kata Peter Buckingham, Head of Distribution and Exhibition UK Film Council yang berada di belakang situs tersebut. “Kita akan segera menyadari akan pentingnya situs ini,” kata Buckingham.

Pencarian bisa dipertajam dengan memasukkan mood, lokasi, atau menggunakan kata kunci seperti “fairytale ending.”

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024