Layanan Kesehatan Berbasis Cloud Dikembangkan

Aplikasi Kesehatan Pada Smartphone
Sumber :

VIVAnews - Berkembangnya teknologi komputasi awan (cloud) ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan kesehatan. Ekosistem aplikasi yang berbasis mobile cloud di bidang layanan kesehatan pun kini sedang dikembangkan oleh salah satu layanan provider, Indosat.

Untuk mewujudkannya, Indosat menggandeng Alcatel Lucent. Kerjasama tersebut terakomodasi dalam program "ng Connect", yang menghubungkan antara pemegang kepentingan dalam layanan kesehatan, seperti dokter, suster, bagian kesehatan serta pasien. Diharapkan program mobile cloud dapat memperbaiki kualitas komunikasi dalam kesehatan.

Tahap awal, Alcatel Lucent akan memberikan Indosat akses Innovation Lab ke Application Programming Interface (API). Dalam implementasinya, Alcatel Lucent akan melatih mahasiswa ITB yang selama ini memanfaatkan Indosat Innovation Lab di Bandung, untuk mengakses serta menggunakan API Indosat dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk bidang kesehatan.

“Ini untuk membantu generasi muda menciptakan, serta mengembangkan akses teknologi hingga inovasi aplikasi mobile yang memberikan manfaat bagi maasyarakat,” ujar President Director dan CEO Indosat, Harry Sasongko dalam keterangannya di Auditorium Indosat, Jakarta, 20 Oktober 2011.

Kerjasama ini melibatkan beberapa institusi, yakni Indosat sebagai provider komunikasi, Alcatel Lucent sebagai penyedia software layanan kesehatan, RS Mitra keluarga, Agnity, Indosat dan ITB yang memodifikasi software yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Dalam presentasinya, perwakilan Alcatel mendemokan bagaimana software layanan kesehatan ini dapat mengurangi beban waktu yang melibatkan komunikasi antara dokter, suster, dan pasien. Efisiensi waktu ini dapat menjamin pelayanan bagi seorang pasien dalam menjalani perawatan.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Misalnya, dokter tidak berada di rumah sakit sementara pasien membutuhkan treatment mendesak, maka dokter dapat memberikan langkah kepada suster. Selain itu, dalam aplikasi ini dokter dapat melihat rekam data lengkap pasien selama menjalani perawatan.

Komunikasi dan informasi yang berkaitan dengan dokter maupun pasien dapat dibaca aplikasi dalam mobile health ini.

“Dalam aplikasi ini, antara dokter satu dengan yang lain, bahkan dengan suster dapat berkomunikasi secara on line untuk melakukan pelayanan yang tepat kepada pasien,” ucap Strategic Marketing Alcatel Indonesia, Orlena Kusnaedi.

Orlena juga menjelaskan bahwa sementara ini, aplikasi ini masih berupa prototipe, untuk selanjutnya ITB akan mengkustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan di Indonesia. (eh)

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

MK bakal membacakan putusan sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024