Bikin Aplikasi Windows Phone dalam 24 Jam

Belanja online
Sumber :
  • chiropracticlouisville.com

VIVAnews - Akhir pekan ini, tepatnya 4 dan 5 Februari 2012, bertempat di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Microsoft dan Nokia akan mengumpulkan 800 pengembang aplikasi lokal. Di sana, mereka akan melakukan pembuatan aplikasi, hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Developer lokal ini akan membuat aplikasi yang akan digunakan pada platform Windows Phone dan akan dipasarkan lewat Marketplace milik Microsoft. Adapun 8 pengembang aplikasi terbaik akan mendapatkan Nokia Lumia 800, salah satu smartphone Windows Phone 7.5 pertama Nokia.

“Program ini merupakan upaya Microsoft dan Nokia untuk mengembangkan ekosistem Windows Phone,” kata Irving Hutagalung, Audience Marketing Manager Microsoft Indonesia, 2 Februari 2012. “Pengembang lokal digandeng untuk mengakomodasi hadirnya smartphone Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone,” ucapnya.

Saat ini, kata Irving, dari 55 ribu aplikasi yang sudah tersedia di Marketplace Windows Phone, baru ada 50 aplikasi yang dibuat oleh pengembang asal Tanah Air. “Untuk itu, diharapkan dengan adanya program ini, para pengembang aplikasi lokal semakin bersemangat menghasilkan karyanya dan dipasarkan lewat Marketplace,” ucapnya.

Aplikasi yang sudah berhasil masuk ke Windows Phone Marketplace akan dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna smartphone berbasis Windows Phone dari seluruh dunia.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Pelatihan Developer

Menurut Narenda Wicaksono, Developer Marketing Manager Nokia Indonesia, selain lomba membuat aplikasi, pada kesempatan ini para developer lokal akan mendapatkan workshop dan informasi seputar pembuatan aplikasi yang baik dan bagaimana memasarkan aplikasi mereka.

“Harapannya, setelah ini akan lahir developer-developer dan wirausahawan yang bertalenta untuk memajukan industri dan bisnis pengembangan aplikasi di Indonesia,” kata Narenda.

Tak hanya berhenti pada ajang tersebut, Microsoft dan Nokia juga akan melanjutkan roadshow ke 7 universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Parahyangan, Universitas Gajah Mada, STMIK Akakom Yogyakarta, Universitas Kristen Petra dan STIKOM Bali.

Di setiap universitas, mereka akan mengelar workshop pembuatan aplikasi berbasis Windows Phone selama dua hari. Program sendiri akan digelar selama bulan Februari sampai April 2012. (ren)

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024