Hindari Pajak

Pendiri Facebook Ganti Kewarganegaraan

Eduardo Saverin
Sumber :
  • http://articles.nydailynews.com

VIVAnews - Ketika Pendiri Facebook, Eduardo Saverin berusia 13 tahun, keluarganya mengetahui namanya masuk daftar korban yang akan diculik oleh mafia Brazil.

Ayah Saverin yang saat itu telah menjadi pengusaha kaya di Sao Paulo mencari cara menyelamatkan anaknya. Mereka sekeluarga pindah ke Miami, Amerika Serikat. Saverin menjadi salah satu keluarga imigran yang mencari peluang di Amerika Serikat.

Perjalanan Saverin dari anak imigran menjadi mahasiswa Harvard yang meraup miliaran terlihat seperti mimpi indah Amerika. Bahkan, film
Social Network sudah menampilkan kehidupan Saverin yang seperti kisah fiksi.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Menurut Pandodaily.com, teman kuliah Mark Zuckerberg ini berutang budi kepada AS.

Namun Saverin melepas kewarganegaraan AS pada 30 April 2012 seperti dilaporkan Bloomberg. Alasannya diduga karena menghindari tagihan pajak jangka panjang pada IPO Facebook. Saverin memiliki 4 persen saham Facebook.

Dengan mengganti kewarganegaraan, Saverin dapat menghindari pajak ketika nilai asetnya dihitung nanti.

Saverin terhindar membayar pajak atas penghasilan yang diperoleh dari penjualan saham Facebook. Pria yang bermukim di Singapura ini mendapat keuntungan itu karena Singapura tidak memiliki pajak keuntungan modal. Jumlah dana yang terselamatkan tergantung dari performa saham Facebook.

Misalnya, jika nilai saham diperkirakan berlipat ganda dalam jangka panjang, dari perkiraan US$3,8 miliar menjadi sekitar US$8 miliar, maka dia tidak perlu membayar pajak atas peningkatan nilai US$4 miliar. Jika harga saham naik 15 persen, Saverin menghemat US$600 juta untuk pengeluaran pajak.

Ketika perusahaan go public pada akhir bulan ini, debut saham Facebook diharapkan berharga US$28 hingga US$35 per lembar. Jika mencapai harga itu, maka nilai jejaring sosial ini mencapai US$100 miliar.

Saverin bukan miliuner pertama yang membuang kewarganegaraan karena pajak. Menurut Forbes, pewaris kekayaan Soup Campell, John Dorrance III berpindah menjadi warga negara Irlandia sebelum menjual saham perusahaan keluarganya.

Menurut penelitian dua ekonom Eropa seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, upaya organisasi internasional menindak  penggelapan pajak global tidak menghentikan praktik ini. Penggelapan pajak global masih merajalela. (umi)

DPC PKB Kota Malang membuka pendaftaran Bacawali di Pilkada 2024

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

PKB Kota Malang akan mengusulkan 4 nama ke DPP PKB.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024