Telegram Indah di Ambang Kepunahan

Telegram indah akan diganti sistem perangko elektronik
Sumber :
  • telegraf.no

VIVAnews - Tantangan perkembangan teknologi mulai menggeser fungsi pos dan perangko. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan, Kominfo sudah berbicara dan meminta PT. Pos Indonesia untuk lebih menggunakan teknologi informasi dalam layanan surat.

"Kami sudah membicarakan PT. Pos untuk lebih menggunakan IT. Misalnya, dalam mengirim surat melalui email, maka emailnya diprint. Email-nya dikirim ke kantor pos, lalu ke dikirim ke daerah-daerah tertentu. Jadi, tidak perlu diantar secara konvesional," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, usai pembukaan World Stamp Championship Indonesia 2012 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Senin 18 Juni 2012.

Tifatul menilai perangko mempunyai fungsi edukatif karena mampu mendokumentasikan berbagai peristiwa dalam perangko. Tapi, Tifatul mengingatkan pos sudah mulai jarang digunakan orang pada periode mendatang.

"Jadi, orang lebih banyak pakai ponsel, SMS. Tidak lagi ada telegram indah, misalnya kartu lebaran," ujarnya.

Layanan pengiriman lain seperti kurir, logistik, dan pelayanan keuangan  masih tetap menggunakan pengiriman pos konvensional.

"Ini tidak bisa digantikan oleh telekomunikasi karena barangnya fisik. Jadi, tetap masih pakai pos," katanya.

Pemerintah Indonesia telah memutuskan perangko harus lebih baik levelnya. Fungsi perangko tidak hanya sebagai bukti pembayaran untuk layanan pos saja. Perangko juga dipertimbangkan sebagai alat pendidikan dan informasi publik yang mempunyai nilai investasi.

Tifatul menjelaskan pemerintah sudah menempatkan pembahasan perangko ini dalam UU Pos yang telah disahkan oleh DPR pada 2009 lalu. (ren)

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024