NASA Tantang Berbagai Disiplin Ilmu Cegah Serangan Asteroid

PhoneSat, satelit NASA yang berbasis Android
Sumber :
  • cubesatkit.com/Courtesy NASA
VIVAnews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Selasa waktu setempat, mengumumkan tantangannya pada berbagai disiplin ilmu untuk mencari cara menangkal serangan Asteroid ke Bumi.
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Upaya ini dilakukan NASA untuk menciptakan strategi baru dalam mempelajari dengan mengirimkan manusia ke benda langit yang paling berbahaya bagi Bumi.
Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Dikutip dari laman Space Daily, Rabu 19 Juni 2013, NASA akan bermitra dan berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu. Mulai dari lembaga pemerintah, lembaga internasional, industri, akademisi, dan ilmuwan dari berbagai negara.
Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Menurut Lori Garver, Wakil Kepala NASA, saat ini pihaknya bekerja untuk menemukan Asteroid yang berpotensi mengancam planet Bumi. Sejauh ini, NASA sudah menemukan 95 persen Asteroid yang berada di dekat orbit bumi.

"Kami mengundang semua orang yang memiliki pengetahuan tentang Asteroid untuk mencari cara menangkal serangan benda langit itu," kata Garver.

Garver menambahkan, tantangan ini difokuskan untuk mendeteksi dan melihat karakter Asteroid guna meminimalisir ancaman yang mungkin akan terjadi.

"Asteroid adalah masalah global. NASA membutuhkan keterlibatan publik untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memecahkan permasalahan itu," ujar Garver.

Tantangan ini merupakan program ambisius NASA dalam rangka menciptakan terobosan ilmu pengetahuan dan teknologi baru untuk mempelajari dan menangkal serangan Asteroid ke Bumi.

Rencana NASA tersebut, mendapat sambutan baik dari Tom Kalil, Direktur Bidang Teknologi dan Inovasi di Kantor Kebijakan Ilmu pengetahuan dan Teknologi Gedung Putih, AS. Kalil mengatakan, NASA perlu menyatukan semua tangan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

"Upaya bermitra dengan ilmuwan lokal dan internasional sangat penting untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam mendeteksi obyek-obyek benda langit yang dekat dengan Bumi," ujar Kalil.

Saat ini, NASA juga sudah mengeluarkan surat undangan kerja sama resmi bagi industri swasta yang memiliki ide untuk mendukung rencana NASA mengeksplorasi Asteroid.

Undangan itu berlaku selama 30 hari, sebelum ide-ide tersebut dipresentasikan dalam sebuah diskusi publik pada September mendatang. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya