Kenapa Pengiklan Lebih Memilih Facebook?

Kantor baru Facebook di Menlo Park
Sumber :
  • REUTERS/ Robert Galbraith
VIVAnews -
Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pengiklan saat ini lebih memilih Facebook untuk menayangkan produk atau layanan mereka dibandingkan platform lainnya. Apa alasannya?

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Platform Facebook, menurut Robin Muliady,
Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?
Country Lead Effective Measure, perusahaan trafik media online, Selasa 2 Juli 2013, memiliki kemampuan menjangkau objek iklan secara lebih rinci dan terarah.


"Kenapa banyak milih ke Facebook, alasannya karena audiens. Facebook bisa memilihkan iklan yang sesuai dengan segmen pasar, pada pengguna tertentu, berdasarkan usia, jenis kelamin, wilayah," jelas Robin, usai Konferensi Tahunan Media Online ke-2 yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia  di Hotel Sari Pan Pasific, Jakara Pusat.


Sebab itu, Robin mendorong para penyedia konten lokal untuk meniru gaya Facebook dalam menjangkau pengguna, dengan memetakan informasi demografi—usia, minat, daerah asal, dan sebagainya—pengguna sebelum mendaftarkan akunnya.


"Jika
publisher
di sini (Indonesia) menyediakan data demografi pengguna, maka pengiklan akan datang dengan sendirinya" tutur Robin.


Potensi iklan di dunia maya cukup besar. Dia mengasumsikan, sekitar Rp300 miliar iklan masuk ke jagat maya dari total iklan secara keseluruhan ditaksir mencapai Rp60 triliun.


Tapi sayang, Robin memperkirakan, pendapatan iklan online itu lebih banyak lari ke kantung perusahaan global, seperti Google dan Facebook. "Sekitar 60 persen masih lari ke luar Indonesia," katanya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya