Hasil Survei Kebiasaan Pengguna Smartphone di Indonesia

Ilustrasi Chatting
Sumber :
  • ciia.us
VIVAnews
Dokter Boyke Sebut Perilaku Menyimpang Homoseksual Bisa Terjadi di Dalam Sel Tahanan
- Perangkat ponsel pintar kini sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. Hasil temuan riset Indonesia
Smartphone
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?
Consumer Insight Mei 2013 yang dilakukan lembaga riset global Nielsen menunjukkan per hari rata-rata orang Indonesia memanfaatkan
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap
smartphone selama 189 menit setara 3 jam 15 menit dengan penggunaan dominan untuk social media dan rich media .


Aktivitas paling tinggi yaitu
chatting
dengan persentase mencapai 90 persen, pencarian (71 persen), jejaring sosial (64 persen), blogging/ forum (41 persen), App Store (32 persen),
video on demand
(27 persen),
sharing
konten (26 persen), hiburan (25 persen), berita (24 persen) dan webmail (17 persen).


Riset yang dilansir Nielsen, Selasa 30 Juli 2013, ini juga mengukur aktivitas puncak pengguna
smartphone
di Indonesia, yang terjadi pada siang hari. Aktivitas yang diukur yakni browsing, chatting, multimedia, game, jejaring sosial dan App Store.


Tercatat akses puncak mulai terjadi pada pukul 10.00 dengan masing-masing aktivitas chatting (2,1 menit), browsing (1,9 menit), multimedia (1,1 menit), game (1,1 menit), jejaring sosial (1,1 menit) dan Apps Store (0,2 menit).


Pada pukul 14.00, pola aktivitas itu juga masih tinggi dengan rincian
browsing
(2,1 menit),
chatting
(1,7 menit), multimedia (1,3 menit),
game
(1,2 menit), jejaring sosial (0.9 menit) dan App Store (0,2 menit).


Chatting dan website pilihan


Sementara dari riset juga diketahui aktivitas
chatting
populer. Riset menunjukkan WhatsApp menduduki aplikasi chatting terpopuler dengan capaian 58 persen, diikuti BlackBerry Messanger (41 persen), LINE (35 persen), KakaoTalk (30 persen), WeChat (27 persen), Hangouts Google (20 persen), Yahoo Messenger (18 persen), Skype (7 persen) dan ChatON (6 persen).


10 website pilihan berdasarkan riset ini masih didominasi oleh produk dari Google. Secara rinci yaitu Google Search (64 persen), Facebook (58 persen), Google Blogger (34 persen), YouTube (26 persen), situs searchmobileonline (24 persen), Telkomsel (18 persen), Wordpress (15 persen), T.co (15 persen). 4shared (14 persen) dan Twitter (14 persen).


Pengaruhi keputusan


Riset Indonsia Smartphone Consumer Insight 2013 juga memaparkan aktivitas lain orang Indonesia di antaranya menggunakan ponsel pintar untuk mengunduh klip (64 persen), akses
video mobile
lebih dari 3 hari sekali per hari (42 persen).


Demam ponsel pintar juga mempengaruhi pengguna Indonesia dalam menentukan keputusan seputar ponsel. Misalnya untuk menentukan kriteria perangkat, 38 persen pengguna memilih berdasarkan sistem operasi, dan 33 persen berdasarkan desain,
style
maupun form factor. Keputusan lain yaitu 38 persen orang menentukan pilihan perangkat bersistem operasi tertentu.


Terekam pula bahwa lokasi pembelian ponsel pengguna yang mana 48 persen membeli perangkat dari outlet distributor dan 34 persen mendapatkan dari gerai
mobile store
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya