79% Malware Serang Ponsel Android, Ungkap Pemerintah AS

Ponsel pintar iPhone dan Samsung Galaxy berbasis Android
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Ponsel pintar berbasis Android paling rentan dihajar piranti lunak berbahaya (malware). Jumlah serangan malware atas ponsel pintar lebih banyak didera perangkat yang menggunakan sistem operasi besutan Google itu, yakni sebanyak 79 Persen.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Demikian ungkap memo dari dua instansi pemerintah AS. Lembaga itu adalah Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Departemen Kehakiman.

"Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, sehingga menjadi target dari serangan malware, terlebih karena sistem operasi itu open source," dikutip dari memo yang dipublikasikan daring (online) di laman Publik Intelejen, seperti yang dilansir laman PC Mag, 30 Agustus 2013.

Sistem operasi buatan Apple, IOS, hanya mendapat serangan malware sekitar 0,7 persen. Sedangkan platform milik Nokia, Symbian, menerima serangan malware sebanyak 19 persen.

Windows Mobile dan BlackBerry cukup beruntung, dua sistem operasi itu hanya mendapat serangan malware sebanyak 0,3 persen. Dan sisanya 0,7 persen menyerang sistem operasi mobile lainnya.

Banyaknya serangan malware pada produk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android disebabkan masih banyak pengguna yang memakai versi lama. Padahal Android versi lama tersebut sangat rentan keamanannya.

Data statistik industri menemukan bahwa 44 persen pengguna Android masih menggunakan Android versi Gingerbread, atau versi 2.3.3 sampai 2.3.7, yang dirilis pertama kali pada tahun 2011.

Sementara versi Android yang lebih lama seperti Froyo, Eclair, dan Donut, masih digunakan oleh sekitar 3,8 persen pengguna ponsel Android. Seharusnya para pengguna sistem operasi Android harus selalu memperbaharui versi Android-nya agar terhindar dari serangan malware.

"Ternyata para pengguna ponsel pintar lebih mementingkan punya barang baru ketimbang memutakhirkan [upgrade] sistem operasinya," tulis memo tersebut.

Selain itu, saat ini hampir dari setengah aplikasi yang beredar di perangkat ponsel pintar yang masih menggunakan Android versi lama telah disusupi oleh berbagai macam malware, seperti mencuri kata sandi (password), data, dan lain sebagainya. (umi)

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024