Sistem Operasi

Windows XP Diperpanjang Sampai 2010

VIVAnews - Windows XP berubah menjadi mimpi buruk bagi Microsoft karena sistem operasi tersebut bersaing dengan Windows Vista di sejumlah kawasan. Informasi terbaru, sistem operasi ini bahkan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan Vista.

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari Apple Insider, 7 April 2009, Microsoft telah memberikan HP perpanjangan lisensi OEM eksklusif untuk Windows XP hingga April 2010. Saat itu, Windows XP akan menjadi kompetitor Windows 7 di pasar netbook. Sebelumnya, produsen sistem hanya memiliki lisensi untuk Windows XP sampai 31 Januari 2009 dengan pengiriman terakhir di 30 Mei 2009.

Alasan Windows XP tidak ditinggalkan pengguna adalah karena sistem operasi tersebut memiliki kinerja yang baik dan lebih mudah diadopsi oleh pembuat hardware. 

Dengan demikian, Windows XP menciptakan sejarah sebagai sistem operasi yang memiliki usia paling panjang di antara jajaran OS keluaran Microsoft. Sampai April 2010, Windows XP berarti tersedia di pasaran selama 104 bulan, atau hampir 9 tahun. Sebagai perbandingan, Windows 95 yang beredar Agustus 1995 hanya bertahan d pasaran selama 76 bulan. Windows 98 tersedia selama 68 bulan, dan Windows 2000 dijual secara resmi selama 61 bulan.

Meskipun kemungkinannya kecil bahwa HP akan menjual Windows XP tersebut dengan komputer selain netbook, tetapi persetujuan HP-Microsoft tersebut menunjukkan bahwa Windows Vista Basic gagal menarik minat vendor netbook.

Di segmen netbook sendiri, Microsoft menguasai 96 persen pangsa pasar dan hampir dipastikan semua adalah berkat jasa Windows XP. Berhubung besarnya pasar netbook mencapai level yang substansial dan penjualan lisensi Windows XP yang superior dibandingkan Vista, membuat Microsoft tidak mungkin mematikan Windows XP dalam waktu dekat. 

Menurut data Net Applications, Windows XP merupakan sistem operasi yang masih mendominasi secara global. Sampai Maret 2009, market share Windows XP mencapai 62,85 persen, sementara Windows Vista ada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 23,42 persen.

Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Dirawat di HCU dan Pakai Alat Pacu Jantung
Ilustrasi penis.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Ejakulasi teratur baik untuk Anda dalam banyak hal. Selain memberikan kesenangan, ejakulasi juga memiliki beberapa manfaat.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024