Hacker Bobol 16 Juta E-mail Warga Jerman

Penggunaan Internet melalui layar komputer. [Foto ilustrasi]
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder
VIVAnews -
5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa
Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI) mengumumkan bahwa tanggal 21 Januari 2014 kemarin, ada jutaan akun online warga Jerman berhasil dibobol. Tindakan peretasan berupa pencurian password dan data.

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions

"Ada sekitar 16 juta akun e-mail penduduk Jerman yang berhasil diretas. Tindakan itu sangat berisiko terhadap pencurian data," kata BSI dilansir
KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu
PC Mag, Rabu 22 Januari 2014.


BSI juga memperingatkan kepada warga yang e-mailnya berhasil diretas agar berhati-hati karena adanya kemungkinan pencurian data.


"Bagi mereka yang terkena tindakan peretasan harus segera mengubah password e-mail, akun jejaring sosial, atau layanan online lainnya. Penduduk juga harus memeriksa malware pada komputer yang dapat difungsikan untuk mencuri data-data," tambah BSI.


Insiden peretasan terhadap 16 juta akun e-mail penduduk Jerman adalah kasus terbaru dari tindakan pelanggaran di dunia maya yang juga terjadi di seluruh dunia.


Untuk mencegah tindakan pencurian password juga butuh peran dari masyarakat pengguna Internet. Pasalnya, baru-baru ini juga diketahui banyak pengguna Internet yang menggunakan kata-kata sederhana untuk dijadikan password.


Perusahaan manajeman password, SplashData, baru-baru ini merilis daftar Akibatnya, banyak akun yang berhasil dibajak oleh para peretas.


Di tahun 2013 lalu, banyak pengguna Internet yang menggunakan kata '123456', '12345678', 'qwerty', 'abc123', 123456789', 'iloveyou', 'adobe123', dan 'photoshop', untuk dijadikan password.


"Kami berharap orang-orang mulai peduli dengan keamanannya datanya di Internet. Caranya dengan mengubah password-nya menjadi lebih kuat lagi," kata Morgan Slain, CEO SplashData. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya